vitamin-vs-gusi

Kurang Vitamin Bikin Gusi Mudah Berdarah?

Selama ini Anda mungkin sering mendengar bahkan mengalami gusi berdarah. Memang, hal ini bisa saja terjadi akibat terlalu keras saat menyikat gigi. Atau, adanya karang gigi akibat bertumpuknya sisa-sisa makanan sehingga gusi menjadi iritasi dan bengkak, lalu berdarah ketika Anda menyikat gigi. Namun, selain kedua hal ini, ternyata kekurangan vitamin juga bisa menjadi penyebabnya.

 

Kekurangan Vitamin C

Vitamin C berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, metabolisme kolesterol dan aktivitas tubuh lainnya, termasuk kesehatan gusi. Bila kekurangan vitamin C, maka Anda bisa mengalami scurvy, yaitu rasa lemas dan kurang darah yang biasanya ditandai dengan gusi bengkak dan kemerahan serta kenyal bila diraba. Apabila terkena sedikit sentuhan dapat membuatnya berdarah. Oleh karena itu, selalu penuhi kebutuhan akan vitamin C. Rajinlah mengonsumi buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti pepaya, kiwi dan jeruk.

 

Kekurangan Vitamin K

Vitamin K sangat diperlukan bagi tubuh, untuk memperoleh protein yang dapat membantu proses pembekuan darah, untuk menghentikan pendarahan berlebihan. Bila kebutuhan akan vitamin K tidak tercukupi, maka pendarahan di gusi sangat mungkin untuk terjadi. Tidak sulit untuk mendapatkan makanan yang mengandung vitamin K, Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai, keju, susu, yogurt, serta sayuran hijau seperti lobak, kale, dan brokoli.

 

Mulai sekarang, pastikan untuk rajin mengonsumi makanan yang mengandung vitamin, terutama vitamin K dan C untuk kesehatan gusi Anda. Jangan lupa untuk rajin menyikat gigi dan gunakan pasta gigi Systema Gum & Teeth Protection yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan melindungi gusi Anda.

MOST READ
5 keseruan persiapan pernikahan_thumb

Serunya Persiapan Jelang Pernikahan

Hal-hal seru yang dipersiapkan sebelum hari pernikahan.

SYSTEMA-article-banner-batch-17-5_thumb

Sebelum Memutihkan Gigi, Baca Ini Dulu!

Rambu-rambu dalam melakukan proses pemutihan gigi.

3. Kunci untuk menjadi pasangan yang harmonis_thumb

Aturan Ini Tidak Pernah Ada di Dalam Pernikahan

Dalam sebuah pernikahan, pasangan harus bisa saling memaklumi kemampuan mereka, meskipun selama ini sudah dianggap keharusan: istri tidak harus bisa masak, suami bukanlah satu-satunya pencari nafkah, dll.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :