Kesehatan Gigi, Cerminan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Gigi, Cerminan Kesehatan Tubuh

Mungkin selama ini Anda sering sekali berpikiran bahwa kesehatan gigi tidak terlalu besar peranannya pada kesehatan tubuh secara menyeluruh, sehingga pemeriksaan gigi enam bulan sekali pula dianggap tidak penting. Padahal, banyak studi menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan.

 

Sadarkah Anda, bahwa rongga mulut merupakan salah satu pintu masuk bakteri penyebab penyakit. Bakteri pada rongga mulut pun dapat menyebar melalui aliran darah yang disebut dengan bakteremia. Bila kesehatan mulut Anda dalam keadaan yang tidak baik, maka bayangkan betapa banyaknya bakteri yang semakin mudah masuk dan memberi peluang terjadinya bakteremia yang lebih besar.

 

Bila terjadi infeksi pada rongga mulut, maka rentan bagi seseorang mengalami tiga penyakit sistemik, yaitu penyakit kardiovaskuler, diabetes melitus dan aterosklerosis (penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri). Selain itu, bakteri dalam mulut yang terbawa aliran darah melalui gusi yang berdarah juga dapat mengakibatkan peradangan pada bagian dalam jantung (endokarditis).

 

Forum Ilmiah Periodontist Eropa menyatakan bahwa kondisi peradangan pada jaringan penyangga gigi (periodontitis) mengandung bakteri Porphyromonas Gingivalis, yaitu bakteri yang dapat memicu penyumbatan pembuluh darah atau arteri menuju jantung. Dengan demikian, kondisi mulut dan gigi yang kotor mengandung banyak bakteri yang bisa menyebar dan memengaruhi kesehatan jantung, karena semua jaringan pembuluh darah pada tubuh saling terhubung satu sama lain.

 

Selain jantung, kesehatan gigi juga berhubungan dengan kesehatan tulang. Penyakit gusi dan osteoporosis dapat menyebabkan kehilangan massa tulang. Menurut sebuah riset baru dari National Institute of Health Osteroporosis and Related Bone Disease National Resource Center, ada hubungan antara inflamasi dan kesehatan tulang. Berbagai studi medis juga telah meneliti hubungan antara kesehatan mulut dengan rheumatoid arthritis serta kesehatan paru-paru.

 

Namun, menurut para dokter yang sudah meneliti hubungan antara kesehatan mulut dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh ini, tidak perlu menjadi ketakutan karena hal tersebut bisa dicegah dengan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar.

 

Apakah Anda sudah rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, terutama sebelum tidur? Sudahkah Anda memilih sikat gigi yang tepat? Bila belum yakin sikat gigi Anda bisa melakukannya, gunakan Systema Power Clean Toothbrush. Selain lembut di gusi,  gagangnya yang ergonomis nyaman digenggam dan anti slip. Kepala dan leher sikat yang ramping membuat sikat gigi lebih mudah menjangkau ke bagian gigi yang dalam, sehingga bakteri dapat lebih mudah terangkat, mulut pun bersih secara menyeluruh.

MOST READ
Cooking Time, Bersama si Adik_5-t

Cooking Time, Bersama si Adik!

Nampaknya menghabiskan akhir pekan dengan mengajak adik membuat kue dapat menjadi aktivitas menyenangkan bersama adik tersayang

Cobain 5 tempat makan sushi murah ini di Jepang

Hunting Sushi Murah di Jepang

Sushi yang murah di Jepang, bisa Anda temui di restoran-restoran ini

shutterstock_322200833

Sehat Bersama Pasangan

Lakukan hal ini untuk menjamin pasangan dan Anda selalu hidup sehat.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :