Kesalahan Dalam Menyikat Gigi-2_b

Kesalahan Yang Terjadi Saat Menyikat Gigi

Mulut adalah pintu masuk bagi semua makanan. Didalamnya terdapat gigi yang berfungsi untuk menghaluskan makanan-makanan tersebut sebelum masuk ke perut. Untuk itu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi mutlak dilakukan. Karena proses yang sempurna selalu diawali dengan kondisi yang prima.

Menyikat gigi adalah salah satu kunci kesempurnaan proses tersebut. Untuk itu perlu diperhatikan caranya secara detail agar kondisi gigi dan gusi selalu prima. Kesalahan-kesalahan bisa saja membuat niat baik Anda menjaga kesehatan gigi, malah berbalik merusak gigi. Berikut 7 kesalahan yang sering dilakukan saat menyikat gigi.

  1. Sikat dengan lembut
    Seringkali karena merasa gigi harus bersih, banyak orang menyikat gigi dengan keras dan kasar. Justru hal ini tidak baik. Kebiasaan ini bisa menyebabkan erosi enamel gigi dan membuat gusi terluka. Sikat dengan santai, lembut namun merata.
  1. Sikat paling tidak selama 2 menit
    Seringkali orang hanya asal menyikat gigi dan selesai tidak sampai satu menit, padahal bakteri belum sepenuhnya dibersihkan. Rekomendasi rentang waktu menyikat gigi adalah 2 menit. Ini akan membuat gigi dan rongga mulut lebih bersih.
  1. Makan buah dan sayur untuk membersihkan gigi
    Makanan berserat seperti buah dan sayur sangat baik membersihkan gigi secara tidak langsung. Cara ini bisa menurunkan kemungkinan timbulnya plak gigi dan membantu membuang bakteri di mulut.
  1. Perhatikan juga gigi geraham
    Kebanyakan orang hanya fokus menyikat gigi depan saja dan mengabaikan menyikat dengan benar bagian gigi geraham. Pastikan kamu memperhatikan kebersihan gigi geraham ya karena kemungkinan besar bakteri justru berkembang di gigi bagian dalam.
  1. Jangan hanya menyikat satu arah
    Saran menyikat gigi memutar atas bawah dan menyamping harus seimbang. Tapi banyak orang cari mudah menyikat gigi, yaitu searah. Hal ini tidak bisa membersihkan gigi secara keseluruhan. jadi variasikan arah menyikat gigi hingga sela-sela gigi.
  1. Tunggu hingga 1.5 jam setelah makan
    Menyikat gigi langsung setelah makan ternyata bisa merusak gigi. Ini karena pH mulut sedang rendah dan pasta gigi adalah bahan kimia yang kuat sehingga bisa merusak gigi. Jadi tunggu hingga 1.5 jam setelah makan baru sikat gigi.
  1. Tidak mengganti sikat gigi
    Sikat gigi yang tak diganti setiap 3 bulan sekali bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri. Membersihkan gigi jadi tidak efektif lagi.

Pastikan pula alat yang digunakan berkualitas. Memilih sikat gigi sebenarnya harus jeli. Perhatikan keunggulan yang diberikan sikat gigi tersebut. Seperti yang diberikan oleh sikat gigi Systema Power Clean yang lembut pada gigi dan gusi serta mampu mencongkel sisa makanan pada sel-sela gigi.

So, sudah tepatkah menyikat gigi Anda selama ini?

MOST READ
SYSTEMA-article-banner-batch-17-4_thumb

Saat Harus Tinggal dengan Mertua: Do's and Don'ts

Tips saat harus tinggal bersama mertua setelah menikah.

5-thumb

Apakah Sakit Gigi Bisa Menulari Pasangan Anda?

Sakit gigi bisa menular itu sebenarnya mitos atau fakta sih?

Nge-mallSaatKencanSudah KunoAyoOlahragaBarengPasangan-t

Nge-mall Saat Kencan sudah Kuno. Ayo, Olahraga Bareng Pasangan

Nonton di bioskop bareng pasangan. Daripada Cuma duduk-duduk berduaan , ajak deh pasangan kamu dengan ritual baru, yaitu berolahraga.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :