Kenali Berbagai Metode Pemutihan Gigi

Kenali Berbagai Metode Pemutihan Gigi

Kini, memutihkan gigi ibarat pergi ke salon, semua orang bisa datang kapanpun ia mau, hanya untuk membuat giginya tampat lebih putih. Namun, apakah semua metode yang ada ini aman bila dilakukan tanpa konsultasi dokter gigi terlebih dahulu? Yuk, kita bahas satu per satu.

 

Veneer

Veneer merupakan salah satu teknik pemutihan gigi yang juga sedang trend di kalangan masyarakat. Prosedur veneer membutuhkan tiga kali kunjungan ke dokter gigi, termasuk untuk konsultasi. Selain untuk memutihkan gigi, Veneer juga digunakan untuk memperbaiki gigi yang patah, rusak, dan tidak rata bentuknya. Prosedurnya, enamel atau lapisan gigi terluar akan dikikis sebanyak 0,5 milimeter sebagai tempat untuk veneer. Dokter gigi akan membuat cetakan mulut agar veneer yang dipasang sesuai dengan bentuk dan ukuran gigi, biasanya proses ini membutuhkan waktu 1-2 minggu. Lalu, veneer akan dipasang dengan cara ditempelkan pada gigi. Setelah selesai, Anda tetap memerlukan kunjungan berikutnya untuk memeriksa keadaan gusi dan penempatan veneer tersebut. Tentu, teknik ini membutuhkan biaya yang sangat mahal, namun tidak dapat diperbaiki bila rusak. Pengikisan pada lapisan gigi juga bisa membuat gigi Anda menjadi lebih sensitif terhadap makanan dan minuman panas maupun dingin. Selain itu, aplikasi warna pada teknik veneer biasanya membuat gigi terlihat sangat putih.

 

Bleaching

Ada dua macam teknik dalam metode bleaching, yaitu:

  1. Teknik pemutihan internal untuk gigi non-vital atau bleaching intra corona, dimana gigi yang sudah mati terlebih dahulu mendapatkan perawatan pada saluran akar. Bahan yang digunakan pada umumnya adalah hydrogen peroksida dan sodium perborat. Bahan-bahan tersebut akan dimasukkan ke dalam mahkota gigi, lalu akan ditutun dengan menggunakan tambalan sementara. Pasien harus kembali setelah 3 sampai 7 hari.
  2. Teknik pemutihan eksternal untuk gigi vital, yaitu menggunakan tray. Pertama-tama, gigi pasien dicetak untuk mendapatkan tray yang sesuai dengan rahangnya serta untuk mencatat warna gigi asli, agar bisa dibandingkan dengan warna ketika proses bleaching selesai. Tray tersebut berfungsi menjaga bahan bleaching agar tidak mengenai jaringan lunak, seperti gusi dan sekitarnya. Aplikasi bahan teknik ini bervariasi dan membutuhkan waktu cukup lama, yaitu 2-8 jam per hari selama dua minggu.

Tentunya, teknik bleaching ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi dan sebelum memulainya, Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu.

 

Alat pemutih gigi dengan sinar laser

Teknik ini menggunakan produk bleaching yang lalu dilanjutkan dengan sinar laser yang diarahkan ke gigi, kurang lebih selama satu jam untuk mengaktifkan bahan pemutih. Sama dengan bleaching, teknik ini membutuhkan alat yang hanya bisa Anda dapatkan di klinik khusus gigi.

MOST READ
Travelling_HebohnyaBerlebaran-t

Hebohnya Berlebaran Di Kota Gudeg

Tahukah bahwa tradisi berlebaran di Indonesia begitu banyak macamnya? Masing-masing daerah memiliki cara tersendiri merayakan hari kemenangan ...

Masalah Gigi Ini Rentan Dialami Saat Hamil_thumb

Masalah Gigi Ini Rentan Dialami Saat Hamil

Masalah gigi ini seringkali timbul ketika hamil.

441

Ini Alasan Kenapa Harus Memilih Sikat Gigi Systema Charcoal

Membahas keunggulan sikat gigi Systema Charcoal, kandungan binchotan dan keunggulan Systema Charcoal lainnya.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :