SYSTEMA-article-banner-batch-17-1

Kenali Anatomi Gigi

Sudah sering membaca tentang karang gigi dan cara menghindarinya serta segala kebiasaan yang patut dijauhi agar gigi dan mulut tetap sehat, namun, sudahkah mengenali apa saja yang sebenarnya ada di dalam mulut Anda? Dengan mengenali bagian-bagian yang ada, akan lebih mudah untuk Anda merawat setiap bagian tersebut. Yuk, kenali bagian-bagian gigi.

Mahkota gigi

Bagian mahkota gigi adalah lapisan putih yang tampak jelas dari luar. Dalam dunia medis, mahkota gigi adalah bagian di leher gigi atau daerah atas yang disebut cementoenamel junction.

Enamel atau email

Mahkota gigi memiliki lapisan paling luar yang disebut enamel atau email, lalu di dalamnya ada crown atau lapisan porselen pembentuk gigi. Lapisan paling luar ini perlu dirawat dengan baik, caranya dengan tidak mengonsumsi makanan yang asam, minuman bersoda dan berkafein supaya lapisan tersebut tidak mengalami kerusakan dan membuat gigi jadi lebih mudah menguning. Selain itu, awal terjadinya gigi sensitif juga dimulai dari karies, dimana ada lubang pada gigi yang terbentuk pada lapisan ini, semakin besar dan dalam lubang tersebut, akan semakin buruk dan menyebabkan rasa ngilu.

Dentin

Masuk lagi ke dalam, ada dentin, yaitu jaringan terbesar pembentuk gigi yang ada di antara lapisan enamel dan pulpa. Sebagian besar dentin terdiri atas mineral hidroksi apatit. Bahan-bahan organik dan air merupakan bahan pembentuk dentin.

Pulpa

Di dalam pulpa terdapat pembuluh darah dan saraf gigi. Di sana juga terdapat sel odontoblas yang berfungsi membentuk dentin. Apabila terjadi tekanan dan perubahan suhu yang ekstrem, fungsi sensorik yang dimiliki dentin akan bereaksi sehingga Anda akan merasakan nyeri pada gigi. 

Akar gigi

Akar gigi sendiri memiliki beberapa bagian. Ada jaringan yang mengikat gusi dan tulang rahang dengan kokoh yang disebut ligament periodontal. Lalu ada lagi jaringan yang berhubungan dengan lapisan jaringan ikat yang disebut sementum. Masalah gigi yang dibiarkan, seperti menumpuknya plak gigi bisa berefek sampai ke akar gigi, bahkan bisa menimbulkan abses gigi.

Dengan mengenali bagian-bagian gigi, jangan lupa untuk selalu merawat seluruh bagian gigi, termasuk gusi dengan menggunakan produk yang tepat seperti pasta gigi Systema Gum & Teeth Protection. Dengan formulasi khusus dari LION Jepang, Systema Gum & Teeth Protection 2X lebih baik dalam merawat gusi, karena memiliki kandungan IPMP yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi, serta GK2 dan OHBAKU untuk menjaga kesehatan gusi.

MOST READ
Benarkah Kandungan Alkohol Pada Obat Kumur Membahayakan Rongga Mulut_t

Benarkah Alkohol Pada Obat Kumur Membahayakan Rongga Mulut?

Tanpa pembersihan yang baik, sisa makanan akan tertinggal di mulut & menjadi sarang yang cocok untuk bakteri berkembang biak

Sakit Gigi dan Pesawat Terbang, Kombinasi Menyakitkan_rev.1-t

Sakit Gigi dan Pesawat Terbang, Kombinasi Menyakitkan!

Sepintas mungkin tidak ada hubungan antara sakit gigi dengan pesawat terbang dan mengapa kombinasi keduanya sangat menyakitkan

Jangan Sepelekan Sakit Gigi_rev-t

Jangan Sepelekan Sakit Gigi !

Sakit gigi sering kali menjadi anggapan penyakit yang tergolong ringan. Banyak dari Anda yang menyepelekan sakit gigi yang di derita, karena bisa saja keesokan hari sakit itu hilang.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :