bahaya-karies-pada-gigi

Karies Sering Menjadi Masalah Utama pada Gigi

Karies merupakan salah satu masalah gigi yang paling sering dialami, baik orang dewasa maupun anak-anak. Menurut Riskesdas 2013, terjadi peningkatan pada penduduk Indonesia yang mengalami karies dibandingkan tahun 2007, yaitu dari 43,4 persen menjadi 53,2 persen. Pada dasarnya, karies gigi merupakan sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi, yang biasanya menyebabkan gigi berlubang. Namun, banyak yang mengalami gangguan ini dan tidak merasakan efeknya secara langsung, tau-tau menjadi bahaya yang mengancam.

 

Sedikit tentang gigi

Gigi terdiri dari tiga lapisan. Lapisan paling luar yang keras merupakan enamel. Bagian tengah atau di dalam enamel terdapat lapisan yang disebut dengan dentin. Kemudian, di dalamnya lagi, merupakan pusat gigi yang disebut pulpa, di mana terdapat pembuluh darah dan saraf. Penting untuk Anda menjaga keutuhan gigi, mulai dari yang paling luar hingga bagian yang paling dalam, karena kerusakan pada gigi yang dibiarkan dapat bergeser terus hingga ke bagian dalam dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

 

Penyebab karies gigi

Karies gigi ini disebabkan oleh sisa-sisa makanan dan gula yang menempel pada permukaan gigi yang lalu, karena bakteri, berubah bentuk menjadi asam. Kebiasaan buruk seperti suka mengonsumsi makanan manis dan lalai untuk merawat gigi atau menyikat gigi di malam hari sebelum tidur merupakan penyebab dari timbulnya karies gigi. Tidak semua orang yang mengalami karies gigi mengalami sakit dan ngilu pada giginya.

 

Bila karies tidak diatasi

Pada awalnya, seseorang mungkin mengalami karies gigi yang kecil. Namun seiring berjalannya waktu, ditambah dengan kebiasaan buruk yang dijalani terus menerus, maka masalah karies gigi menjadi bertambah besar sehingga mencapai pulpa. Seperti yang Anda ketahui, di dalam area ini terdapat jaringan saraf dan pembuluh darah. Maka, bila mengalami kerusakan parah, perawatan yang dibutuhkan pun memerlukan tahapan yang lebih lama, karena masalah tidak akan selesai dengan hanya menambal gigi.

 

Cara mencegah karies gigi

Karies gigi bisa dicegah dengan mengubah kebiasaan Anda dalam merawat kebersihan gigi dan gusi. Mulai dari memilih sikat gigi yang tepat, pasta gigi yang tepat dan rajin menyikat gigi, khususnya di malam hari sebelum Anda beristirahat, agar tidak ada sisa-sisa makanan yang berdiam lama di permukaan gigi. Gunakan Systema Nano Toothpaste yang diformulasikan  secara khusus dengan kandungan kalsium nano yang mampu mencegah serta memperbaiki karies dan gejala awal gigi berlubang hanya dalam 14 hari.

MOST READ
3 Makanan Manis Termahal di Dunia_t

3 Makanan Manis Termahal di Dunia

Manis berarti mahal. Nampaknya istilah ini patut disematkan untuk restoran-restoran di dunia yang menjual makanan manis kelas premium.

(1)

4 Tips Kuliah Lagi untuk Ibu Rumah Tangga!

Ibu rumah tangga juga bisa melanjutkan kuliah lagi. Agar prosesnya berjalan lancar, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

Mencegah Gigi berlubang Itu Gampang_2-t

Mencegah Gigi Berlubang Itu Gampang!

Seringkali ketika seseorang merasakan sakit gigi, kemudian ia berkonsultasi kepada dokter gigi

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :