5

Jangan Lupa, Sebagai Karyawan, Anda Punya Hak Ini!

Saking semangatnya kerja, banyak hal yang sering dilupakan. Padahal, sudah jelas ada aturannya dan Anda berhak untuk mendapatkan hal tersebut. Apa saja sih, yang paling sering dilupakan oleh para karyawan?

 

Jam kerja dan lembur

Masing-masing perusahaan memang menerapkan aturan yang berbeda-beda. Biasanya, untuk perusahaan seperti bank, termasuk jarang untuk membuat para karyawannya lembur. Namun untuk perusahaan yang bergerak di bidang kreatif, lembur adalah makanan sehari-hari para karyawannya. Sebetulnya bila Anda bekerja selama lima hari dalam satu minggu, Anda hanya diperbolehkan bekerja selama delapan jam seharinya. Bila bekerja selama enam hari dalam seminggu, maka Anda hanya perlu bekerja per hari selama tujuh jam. Apabila jam kerja yang Anda jalani melebihi waktu yang telah ditentukan, perusahaan perlu membayar uang lembur. Peraturan ini ada di dalam UU Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003.

 

Cuti

Selain jam kerja dan lembur, Anda juga perlu ingat akan jatah cuti yang Anda punya selama setahun dan wajib mengambil cuti tersebut. Jangan sampai, karena satu dan lain hal Anda merasa tidak terlalu memerlukan cuti, saking banyaknya pekerjaan, karena Andalah yang akan rugi. Cuti tahunan biasanya tidak dapat diuangkan dan akan habis masa berlakunya bila tidak dimanfaatkan. Untuk perempuan, pada UU nomor 13 tahun 2003, Permen nomor 03 tahun 1989 dan KEPMEN nomor 224 tahun 2003 dijelaskan bahwa bila sedang mengandung, maka tidak diperbolehkan bekerja malam hari. Selain itu, ada cuti melahirkan selama tiga bulan yang patut digunakan. Bahkan kini beberapa perusahaan sudah memberlakukan cuti melahirkan selama enam bulan.

 

Hari Libur

Untuk hari libur atau tanggal merah, Anda juga diwajibkan untuk tidak bekerja. Namun, beberapa perusahaan tetap memberlakukan jam kerja, terutama mereka yang bertugas di bidang pelayanan pelanggan dan pelayanan kesehatan. Biasanya, apabila melamar kerja dalam bidang tersebut, Anda sudah harus siap dengan jam kerja yang jauh dari aturan pemerintahan, dimana libur tidak selamanya berlaku sesuai dengan tanggal merah.

 

Cuti Hari Haid Pertama

Satu lagi aturan yang membuat para perempuan cukup beruntung, yaitu cuti hari haid pertama. Biasanya ini tertera di peraturan perusahaan, namun seringkali tidak digunakan oleh para karyawannya. Sebetulnya, semua ini juga tergantung pada diri Anda sendiri. Bila Anda rasa masih sanggup untuk bekerja di hari pertama haid, maka hadirlah ke kantor. Namun, ingat, kalau jatah ini ada dan masuk di dalam UU nomor 13 tahun 2003.

 

Jadi, jangan sampai lupa akan hak-hak ini, ya. Kalau tidak, Anda sendiri yang akan rugi.

MOST READ
Pikirkan 4 hal ini sebelum resign_thumb

Sebelum Resign kerja, Pikirkan Hal Ini!

Sebelum memutuskan untuk resign kerja, ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya keputusan Anda tidak sia-sia

SYSTEMA-article-banner-18-6_thumb

Hati-hati, Ini Makanan yang Bisa Mengancam Kesehatan Gigi

Daftar makanan yang bisa mengancam kesehatan gigi.

4 Tantangan Terberat Jelang Pernikahan_thumb

4 Tantangan Terberat Jelang Pernikahan

4 tantangan terberat ketika hendak maju ke pelaminan: karakter, perbedaan keyakinan, masalah finansial, masa depan bersama.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :