6

Inilah Bahaya Penggunaan Obat Kumur Secara Berlebihan

Penggunaan obat kumur memang dapat membersihkan dan menyegarkan rongga mulut. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, ada berbagai komponen dan zat kimia penyusun obat kumur yang berbahaya untuk kesehatan Anda. Alih-alih mendapatkan bau napas segar, ada risiko jangka panjang yang akan ditimbulkan dari penggunaan obat kumur secara berlebihan. Penasaran apa saja? Yuk, simak!

Membunuh bakteri baik

Beberapa orang menggunakan obat kumur setelah gosok gigi untuk menyempurnakan kebersihan rongga mulut. Padahal kebiasaan ini justru bisa membunuh bakteri baik yang ada di dalam rongga mulut Anda. Apabila berlangsung secara terus menerus, maka obat kumur akan memicu kerusakan pada gigi, seperti munculnya lubang-lubang halus di permukaan gigi.

Warna gigi jadi kekuningan

Penggunaan obat kumur secara berlebihan juga akan membuat warna gigi Anda berubah jadi kekuningan. Meskipun sudah rutin menggosok gigi, noda plak ini muncul akibat sisa-sisa zat yang terdapat pada obat kumur dan menempel di permukaan gigi Anda. Sama halnya seperti saat Anda berlebihan minum teh dan kopi. Bukannya bersih, obat kumur justru membuat perubahan di warna gigi Anda.

Produksi air liur berkurang

Bahaya penggunaan obat kumur selanjutnya adalah dapat menyebabkan berkurangnya produksi air liur. Padahal air liur berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi dan sebagai anti bakteri. Faktanya, jumlah air liur yang berkurang selanjutnya dapat menimbulkan bau mulut, rasa tidak nyaman ketika menelan makanan, dan berbagai masalah kesehatan mulut lainnya.

Muncul jamur

Kandungan antiseptik dalam obat kumur yang digunakan secara berlebihan dapat mematikan bakteri baik di dalam gigi sehingga menyebabkan timbulnya jamur dan berisiko menimbulkan berbagai penyakit pada gigi. Jamur pada gigi memang tidak dapat dilihat dengan kasat mata, gejala umumnya berupa rasa gatal pada mulut dan berakhir pada infeksi.

Terjadi iritasi di area mulut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan obat kumur secara berlebihan akan mengurangi produksi air liur di dalam rongga mulut. Akibatnya mulut menjadi lebih kering dan mudah terjadi iritasi, seperti sariawan atau bahkan radang mulut. Kondisi ini juga akan membuat Anda tidak nyaman untuk mengonsumsi makanan dan minuman apapun.

Meningkatkan risiko darah tinggi

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh sejumlah profesor di bidang kesehatan mulut dari Queen Mary University of London, kandungan antisepsik pada obat kumur berupa chlorhexidine  dapat mengurangi bakteri baik yang berperan dalam relaksasi pembuluh darah. Tak heran jika penggunaan obat kumur berlebihan akan berpengaruh pada tekanan darah Anda.

 

Setelah memahami bahaya penggunaan obat kumur tadi, mulai sekarang sebaiknya Anda kurangi. Tak perlu khawatir sebab Systema Mouthwash terbukti lebih aman dengan kandungan aktif Flouride dan IPMP yang mampu melindungi gigi, mencegah timbunan noda plak, serta menghilangkan bau mulut. Cukup gunakan satu kali dalam sehari agar gigi dan rongga mulut tetap terjaga kesehatannya.

MOST READ
7-tempat-wisata-seru-di-Hakone-Jepang

Serunya Wisata di Hakone, Jepang

Banyak hal seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi salah satu wisata kota yang unik di Jepang ini

Korean Fashion Inspiration-thumbnail

Yuk, Intip Dunia Fashion Korea Selatan

Yuk, Intip dunia fashion Korea Selatan - Korea Selatan merupakan salah satu negara yang sangat menarik untuk Anda jadikan sebagai tempat tujuan traveling

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Apa saja yang harus diperhatikan saat hendak mengirimkan CV ke kantor baru supaya meninggalkan kesan yang baik bagi calon user.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :