SYSTEMA-article-banner-18-7

Ini yang Harus Selalu Ada di Rumah

Kesehatan keluarga dimulai dari dalam rumah. Setuju dengan pendapat ini? Kesehatan kita di luar rumah ditentukan dari kebiasaan kita di rumah, mulai dari nutrisi dan gizi dari makanan, sampai kebiasaan sehat lainnya. Mau hidup sehat? Mulailah mengonsumsi makanan yang sehat, yang bisa disiapkan dari rumah. Selain lebih terjamin kebersihannya, Anda tidak perlu lagi mengalami yang namanya makanan sehat pasti harganya mahal. Jadi mulai sekarang, coba cek kembali barang-barang di rumah Anda, sudahkah mendukung hidup yang sehat?

Buah dan sayur

Apapun jenisnya, buah-buahan maupun sayuran harus selalu masuk ke dalam daftar belanjaan bulanan, karena dua bahan ini memang sepatutnya selalu tersedia di rumah. Tidak perlu yang mahal, buah yang murah seperti pisang, jeruk, pepaya, buah naga pun punya manfaat yang baik bagi tubuh, khususnya untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit. Demikian pula dengan sayuran, selalu harus masuk sebagai salah satu menu baik untuk sarapan, bekal atau makan siang dan makan malam.

P3K (termometer, timbangan, pengukur tekanan darah)

Kebutuhan akan obat-obatan dan alat kesehatan masing-masing orang memang berbeda-beda. Untuk obat, sebaiknya gunakan yang sesuai dengan resep dokter ketika anggota keluarga diserang penyakit atau andalkan yang alami seperti buah-buahan maupun minuman yang diracik menggunakan bahan-bahan dapur sesuai fungsinya. Selain meminimalkan penggunaan obat di luar resep, rumah Anda tidak akan penuh dengan sampah berupa botol-botol bekas. Untuk alat kesehatan, pastikan Anda selalu menyimpan termometer untuk mengukur suhu tubuh anggota keluarga saat demam, timbangan untuk memantau berat badan, dan pengukur tensi bila Anda memilki riwayat tekanan darah rendah maupun tinggi.

Wadah penyimpanan

Selain kesehatan tubuh, penting juga mendukung kesehatan lingkungan, terutama bumi. Hal ini bisa Anda mulai dari dalam rumah. Salah satu caranya adalah meminimalkan penggunaan plastik dan mengurangi sampah. Lebih baik siapkan wadah sendiri di rumah untuk bahan-bahan makanan maupun peralatan mandi seperti sabun dan lain-lain, sehingga ketika belanja, Anda hanya perlu membeli dalam bentuk isi ulang, tidak lagi perlu beli sebotol-botolnya yang akan menumpuk setiap kali habis dipakai. Demikian pula ketika belanja, pastikan selalu ada kantong belanjaan ukuran besar di rumah, sehingga tidak perlu lagi pulang dengan membawa banyak tentengan plastik, yang seperti kita ketahui selama ini, merupakan bahan yang paling sulit untuk didaur ulang.

MOST READ
4-thumb

7 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Makanan enak, belum tentu sehat. Untuk itu, berikut 7 makanan yang tidak hanya enak, tetapi sehat juga untuk gigi dan mulut Anda!

no-more-tanggal-tua-83

Trik Supaya Gaji Nggak Habis di Tengah Bulan

Tips mengatur gaji bulanan supaya tidak langsung habis

3 Makanan Manis Termahal di Dunia_t

3 Makanan Manis Termahal di Dunia

Manis berarti mahal. Nampaknya istilah ini patut disematkan untuk restoran-restoran di dunia yang menjual makanan manis kelas premium.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :