Atasi peyebab gusi bengkak dengan cara ini

Ini Sebabnya Mengatasi Gusi bengkak Itu Penting

Pernahkah Anda mengalami gusi bengkak? Biasanya, gangguan ini ditandai dengan pembesaran pada gusi, ada bagian yang menggelembung atau menonjol. Namun, tidak sedikit pula orang yang mengalami gusi bengkak sampai menutup bagian gigi secara menyeluruh. Rasa sakitnya hampir seperti sakit gigi, terasa ngilu, seringkali menghilangkan nafsu makan.

 

Sebenarnya, apa yang terjadi sehingga gusi membengkak, lalu bagaimana penanganan yang tepat yang bisa dilakukan? Simak dalam penjelasan berikut ini.

 

Penyebab gusi bengkak

Pada umumnya, gusi bengkak terjadi karena plak yang mengumpul pada gigi. Yaitu ketika makan dan minum, lalu mulut dan bagian sela gigi tidak dibersihkan dengan baik, maka timbulah plak akibat bakteri yang menetap di dalam mulut. Selain itu, ada penyebab lain berupa gingivitis atau radang gusi, infeksi virus dan jamur, kehamilan, kurang gizi, serta kurang vitamin C. Pemasangan gigi palsu maupun alat-alat gigi lainnya yang tidak tepat, penggunaan pasta gigi maupun cairan kumur, serta obat-obatan seperti obat penghambat saluran kalsium juga merupakan penyebab seseorang mengalami gusi bengkak.

 

Bagaimana mengatasinya

Hal yang paling bisa Anda lakukan adalah menjaga kesehatan mulut, yaitu dengan menyikat gigi dua kali sehari. Perhatikan pula produk yang Anda gunakan, apakah cocok dan tidak menyebabkan iritasi pada gusi. Sebaiknya, pilih produk pasta gigi yang aman dan memang khusus dibuat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, seperti Systema Gum & Teeth Protection Toothpaste yang mengandung IPMP yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi serta GK2 dan OHBAKU yang dapat menjaga kesehatan gusi.

 

Selain menjaga kebersihan mulut, rajinlah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Hindari rokok, minuman beralkohol dan makanan yang mengandung glukosa tinggi. Namun, bila gusi terus membengkak selama lebih dari dua minggu, sebaiknya segera temui dokter gigi Anda, karena gangguan gusi yang tergolong parah memerlukan penanganan lebih lanjut, seperti Acute Necrotizing Ulcerative Gingivitis (ANUG) yang memerlukan pengobatan khusus, termasuk antibiotik.

 

Selalu perhatikan kesehatan gusi

Gejala awal gusi kurang sehat, seperti gusi yang berwarna kemerahan, keluar darah saat disikat, dan yang menyebabkan bau mulut harus diatasi dengan tepat. Selain itu, perhatikan kebiasaan Anda saat menyikat gigi, jangan terlalu kuat, karena dapat memicu gusi berdarah dan membuatnya luka. Rutinlah mengunjungi dokter gigi untuk melakukan pembersihan pada mulut dan gigi, khususnya bagian-bagian yang seringkali tidak terjangkau saat menyikat gigi.

MOST READ
9-thumb

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Untuk Mencegah Bau Mulut Jelang Interview Pekerjaan

Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang fit, mengisi perut dengan makanan sebelum interview kerja memang dianjurkan. Namun, jangan sampai salah pilih makanan ya! Bisa-bisa Anda jadi bau mulut.

5 resolusi sehat untuk Anda dan pasangan_thumb

5 Resolusi Sehat Ini Patut Anda dan Pasangan Hidup Anda Lakukan!

Resolusi sehat: Lakukan 5 kebiasaan ini sepanjang tahun dengan pasangan hidup Anda

Ayo seru-seruan ke museum Doraemon di Jepang!_thumb49

Berkunjung ke Museum Ikon Jepang, Doraemon

Hal-hal menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke museum Fujiko F Fujio Doraemon

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :