live chat Systema
Ini dia penyebab bau mulut

Ini, Lho, Penyebab Bau Mulut

Bau mulut pasti sangat mengganggu. Biasanya, orang yang mengalami bau mulut atau halitosis, tidak sadar akan hal tersebut. Namun, hal ini bisa disadari ketika tidak lama setelah menyikat gigi, napas yang keluar dari mulut sudah tidak enak, meskipun mulut masih dalam keadaan bersih. Penyebab bau mulut sendiri juga beragam, 80%-nya memang dikarenakan masalah pada kesehatan mulut dan gigi, namun, ada juga penyebab lain yang perlu diketahui berikut ini.

 

Bakteri di dalam mulut

Seperti yang Anda ketahui selama ini, bila tidak menyikat gigi dan merawat kebersihan mulut dengan benar, maka bakteri jahat akan berkembang biak di dalam mulut. Bakteri tersebut datang dari sisa-sisa makanan yang tidak terangkat saat menyikat gigi, lalu berubah menjadi plak yang pada akhirnya menimbulkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, gunakan Systema Mouthwash dengan kandungan aktif flouride dan IPMP yang mampu melindungi gigi dengan cara membunuh bakteri, mencegah timbunan plak pada gigi, dan mencegah bau mulut.

 

Dehidrasi

Saat mulut tidak aktif bekerja mengolah makanan maupun minuman, maka keadaan mulut akan kering sehingga bau napas yang dikeluarkan menjadi tidak enak. Bila seseorang tidak minum dalam waktu yang lama, ia bisa mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, akibatnya, mulutnya kering dan napasnya tidak sedap.

 

Xerostomia

Mulut kering atau xerostomia juga disebabkan adanya gangguan pada pusat ludah atau pada syaraf pembawa rangsang ludah yang mengakibatkan berkurangnya produksi air ludah tersebut. Orang yang mengalami ini biasanya akan kesulitan menelan maupun mengolah makanannya dengan normal. Gangguan ini tentu dapat mengakibatkan efek samping berupa bau mulut.

 

Sedang menjalani pengobatan

Orang yang sedang menggunakan obat-obatan seperti obat tekanan darah, antihistamin, antidepresan, dan beberapa obat lainnya seringkali mengalami berkurangnya produksi saliva atau air liur. Selain itu, mereka yang sedang menjalani terapi radiasi untuk mengobati tumor, diabetes, ketidak-seimbangan hormon dan gangguan pernapasan biasanya mengalami efek samping berupa mulut yang kering dan bau mulut.

 

Itu sebabnya, Anda perlu menjaga kebersihan mulut dan juga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bila Anda mengalami bau napas yang tidak sedap, periksakanlah pada dokter gigi Anda, untuk segera diketahui penyebabnya.

MOST READ
Food Selfie With Mom-t

Food Selfie With Mom!

Terinspirasi dari event Sweet Tooth Treat Tooth kemarin, anda dan Ibu berencana memasak di akhir pekan nanti tanpa takut munculnya permasalahan gigi?

Jangan Sampai Lupa Menyikat Gigi Sebelum Tidur Ini Alasannya-Revised69

Jangan Sampai Lupa Menyikat Gigi Sebelum Tidur, Ini Alasannya!

Seharian menjalani aktivitas yang padat seringkali membuat seseorang merasa terlalu lelah, apalagi bila pekerjaan menuntutnya untuk mengorbankan lebih banyak waktu alias lembur

Memperkuat Enamel Gigi Adalah Keharusan_t

Memperkuat Enamel Gigi Adalah Keharusan

Sekuat apakah enamel melindungi gigi Anda dari kerusakan? Tentunya semua tergantung dari cara Anda merawat gigi.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :