(7)

Ingin Liburan Tapi Minim Bujet? Yuk, Simak 5 Tips Liburan Murah Meriah Bersama Keluarga

Mengisi waktu liburan bersama keluarga adalah hal menyenangkan. Anda bisa mengisinya dengan mengunjungi destinasi wisata keren di sekitar Anda atau ke luar kota hingga luar negeri. Liburan bersama keluarga pun tak perlu harus mahal. Nah, untuk Anda yang ingin liburan bersama keluarga namun minim bujet, simak tips berikut ini!

Rencanakan jauh-jauh hari sebelumnya

Merencanakan liburan dari jauh-jauh hari sebelumnya sangatlah dianjurkan. Anda bisa mencari informasi kapan hari-hari liburan padat. Bila Anda memiliki cukup waktu, pertimbangkan untuk liburan saat ‘low season’. Akan ada banyak keuntungan berlibur di saat ‘low season’. Selain harga yang relatif terjangkau, biasanya destinasi wisata dan penginapan juga tidak terlalu ramai.

Bandingkan bila Anda memilih liburan saat ‘high season’ seperti liburan akhir tahun, pasti destinasi wisata akan membludak. Tidak hanya itu, tarif penginapan dan tiket masuk terkadang juga mengalami kenaikan. Nah, dengan berlibur saat ‘low season’, waktu Anda bersama keluarga makin panjang.

Tentukan destinasi yang akan dituju

Setelah Anda merencanakan liburan, langkah berikutnya adalah menentukan destinasi wisata. Sebaiknya pilihlah destinasi wisata yang benar-benar unik dan khas dari suatu daerah tertentu. Anda juga perlu menghindari mengunjungi tempat wisata yang tak perlu dan membutuhkan biaya tinggi.

Ketika ingin membeli oleh-oleh, tak ada salahnya bila membeli langsung ke pasar tradisional atau ke tempat pembuatannya. Karena selain mendapatkan harga miring, Anda dan keluarga juga akan mendapatkan pengalaman dan informasi baru tak terlupakan. Misalnya seperti melihat proses pembuatan kerajinan dari awal hingga akhir.

Bawa bekal dari rumah tidak ada salahnya

Di tempat wisata, makanan dan minuman terkadang dipatok dengan harga selangit. Disadari atau tidak, terlalu sering membeli makanan dan minuman tersebut akan menguras bujet. Tidak ada salahnya Anda untuk membawa bekal dari rumah selama berlibur. Misalnya seperti roti ataupun camilan lainnya.

Simpan makanan tersebut di dalam wadah khusus. Tidak hanya sehat, dengan membawa bekal sendiri Anda juga akan lebih hemat dan menghindari jajan yang tak perlu. Uang tersebut bisa Anda gunakan untuk keperluan lainnya, semisal membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Pilih penginapan yang dekat dengan destinasi wisata

Penginapan atau hotel sangat menentukan pengeluaran berlibur. Untuk itulah Anda harus jeli dalam memilih hotel ketika berlibur. Pilihlah hotel yang sesuai dengan bujet. Bila berlibur menggunakan transportasi umum, sebaiknya pilih hotel yang dekat destinasi wisata.

Hal ini untuk menekan biaya pengeluaran Anda. Bayangkan saja, Anda dapat berjalan kaki menuju tempat wisata. Atau bila menggunakan transportasi online bisa dilakukan hanya dalam sekali jalan. Cukup mudah, bukan? Anda pun tak perlu mengeluarkan biaya cukup banyak untuk bepergian.

Pilih kebutuhan yang penting untuk dibawa

Saat liburan, Anda benar-benar harus memerhatikan kebutuhan penting yang harus Anda bawa. Pastikan Anda membawa obat-obatan yang mungkin akan Anda butuhkan selama perjalanan liburan. Misalnya obat sakit kepala, demam, vitamin, hingga obat diare. Obat-obatan tersebut akan memastikan perjalanan liburan Anda aman, nyaman, dan menyenangkan.

Jangan lupa pula untuk membawa pasta dan sikat gigi Systema Sensitive di perjalanan liburan Anda. Menjaga mulut tetap bersih selama liburan tentu hal yang sangat penting. Memiliki mulut yang bersih dan sehat akan membuat Anda lebih nyaman menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan kali ini.

Sesuaikan bujet

Masalah bujet adalah hal paling krusial saat mengagendakan liburan. Bila bujet Anda tidak memungkinkan untuk bepergian jauh, cobalah untuk liburan di tempat terdekat. Coba cari alternatif liburan bersifat edukatif bagi anak-anak di kota tempat tinggal Anda.

Bahkan, rumah pun bisa jadi tempat liburan. Caranya adalah buatlah kegiatan menarik bersama keluarga untuk menikmati liburan. Jika bujet Anda sudah mencukupi, sebaiknya saat liburan bawa uang seckupunya. Jangan lupa pula untuk mencatat semua pengeluaran selama liburan.

 

Bagaimana, sudah siap untuk liburan bersama keluarga?

MOST READ
Untitled-1

Systema Sweetooth Treathooth Palembang 2015

Setelah sukses menyelenggarakan acara di kota Bogor dan Jogjakarta kali ini Systema hadir di kota Palembang.

Sakit Gigi VS Coklat-t

Sakit Gigi VS Coklat

Anda merupakan penggemar berat makanan kecil dan manis yang sering disebut coklat? Kadang sangat erat kaitannya antara makan coklat dan sakit gigi,

8_thumb

Kebiasaan Saat Traveling Ini Nggak Perlu Dilakukan

Kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan saat traveling.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :