SYSTEMA-article-banner-18-6

Hati-hati, Ini Makanan yang Bisa Mengancam Kesehatan Gigi

Selain dipengaruhi oleh kebiasaan merawat gigi dan menyikat gigi di waktu yang tepat, kesehatan gigi Anda juga dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Hati-hati ketika mengonsumsi makanan berikut ini, karena deretan makanan ini memiliki risiko merusak gigi.

Soda

Kandungan gula yang sangat tinggi dan sifat soda sendiri yang merupakan penghasil asam dapat mengancam kesehatan gigi Anda. Selain itu, mengonsumsi minuman bersoda terlalu banyak dapat merusak lapisan email gigi dan mengubah warna asli gigi.

Buah kering

Meski disebut buah, namun makanan yang satu ini tentu berbeda jauh dengan buah-buahan segar. Buah-buahan yang dikeringkan biasanya memiliki tekstur yang lebih keras dari buah segar dan mengandung bahan manis tambahan serta cenderung lengket. Seperti halnya permen, buah kering memiliki risiko merusak gigi karena kandungan asam dari bahan-bahan lain yang tercampur di dalamnya, belum lagi tekstur yang lebih keras membuat buah kering lebih mudah terselip di sela gigi dan menumpuk menjadi plak yang dapat memicu terjadinya gigi berlubang.

Roti tawar

Roti tawar ternyata berbahaya bagi gigi dan mulut. Roti tawar kaya akan karbohidrat sederhana yang diubah oleh liur menjadi gula. Ketika sehabis makan, lalu sisa-sisa roti terselip di gigi, maka dapat mengundang bakteri bersarang dan berkembang biak, lama-lama akan merusak gigi serta menyebabkan sakit gigi.

Es batu

American dental Association menyatakan bahwa mengunyah es batu dapat merusak email gigi, sehingga membuat gigi menjadi lebih sensitif dan rentan patah. Ubah kebiasaan dengan mengonsumsi es batu sebagai pendingin minuman Anda, bukan untuk dikunyah sendiri.

Makanan berlabel “bebas gula”

Meski judulnya bebas gula, namun yang digunakan pada produk makanan maupun minuman kemasan ini bisa jadi merupakan pemanis buatan, yang bekerja sebagai energi yang digunakan oleh bakteri di dalam mulut untuk menghasilkan plak dan asam. Meski beberapa pemanis buatan dianggap aman bagi gigi, namun kandungan asam di dalamnya tetap membahayakan karena bisa mengikis lapisan enamel gigi.

Namun demikian, bukan artinya Anda tidak boleh mengonsumsi makanan ini sama sekali. Hanya saja, Anda perlu mengonsumsinya dengan bijak. Batasi porsinya dan pastikan, setiap kali habis menikmati makanan tersebut, bersihkan gigi dengan menyikat gigi sebelum tidur menggunakan Systema Nano Toothpaste. Kandungan kalsium nano mampu mencegah serta perbaiki karies dini (gejala awal gigi berlubang) hanya dalam 14 hari.

 

MOST READ
4 penyakit dalam yang menimbulkan bau mulut_thumb

Pernyakit pada Organ Tubuh Bisa Menyebabkan Bau Mulut

Penyakit dalam pada organ tubuh seperti, diabetes, penyakit pada lambung, hati, paru-paru bisa menyebabkan bau mulut.

Yuk, Pilah-Pilah Pasta Gigi yang Tepat-t

Yuk, Pilah-Pilah Pasta Gigi yang Tepat

Banyaknya merk pasta gigi yang beredar di pasaran, kadang membuat bingung untuk memilih mana produk yang paling baik untuk kita

5 Tempat Unik untuk Honeymoon_thumb

5 Tempat Unik untuk Honeymoon

5 tempat unik yang patut dikunjungi saat bulan madu.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :