ancaman-makanan-bebas-gula-untuk-gigi-anda

Hati-hati! Makanan Bebas Gula Ternyata Tetap Membahayakan Kesehatan Gigi Anda

Banyaknya makanan ringan dan camilan yang kini beredar di pasaran dengan iming-iming “bebas gula” dan menjanjikannya sebagai pilihan saat diet, seringkali mudah membuat para konsumennya terkecoh. Memang benar, bahwa mengurangi konsumsi gula itu baik bagi kesehatan Anda. Namun gula dan pemanis buatan yang digunakan dalam makanan maupun minuman kemasan tetap saja bisa mengancam kesehatan gigi. Hal ini pun telah dikemukakan oleh Eric Reynolds, seorang peneliti kesehatan mulut dari University of Melbourne, Australia.

Gula maupun pemanis buatan yang digunakan pada produk kemasan tersebut bekerja sebagai energi yang digunakan bakteri di dalam mulut untuk menghasilkan plak dan asam. Maka, semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin banyak pula plak dan asam yang akan dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut. Bayangkan apa yang terjadi bila Anda lupa untuk membersihkan mulut dan gigi setelahnya. Tidak heran bila Anda kemudian mengalami perubahan struktur pada gigi berupa karies.

Beberapa pemanis buatan memang dianggap aman bagi gigi, namun kandungan asam pada makanan maupun minuman kemasan tersebut dapat membahayakan, tepatnya mengikis lapisan enamel gigi. Oleh karena itu, hati-hati dalam mengonsumsi beberapa produk seperti minuman bersoda, minuman berenergi, jus kemasan, anggur merah dan minuman ion yang mengandung zat chelator, karena zat tersebut dapat melepaskan ikatan kalsium pada gigi. Dari sekian banyak produk yang telah diuji, tidak ada perbedaan yang signifikan antara produk yang menggunakan gula, maupun yang bebas gula.

Bisa disimpulkan, bahwa meskipun Anda ingin menghindari bahaya gula, tetaplah waspada dan jangan menggantungkan kesehatan Anda sepenuhnya pada pemanis buatan, terlebih lagi pada produk-produk kemasan. Selalu perhatikan jumlah komposisi keseluruhan dari makanan maupun minuman yang Anda konsumsi. Pilihan lain yang jauh dari risiko, yaitu mulailah hidup sehat dengan mengonsumsi minuman yang tidak berisiko, seperti susu rendah lemak dan air mineral. Konsumsilah jus segar langsung dari buah, tanpa harus membeli yang kemasan, sehingga takaran gulanya bisa Anda sesuaikan sendiri.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan gigi dengan memerhatikan kebersihan mulut setiap harinya. Gunakan pasta gigi Systema Nano yang mampu mencegah serta memperbaiki karies dan gejala awal gigi berlubang hanya dalam 14 hari.

MOST READ
Cara liburan seru di pantai Gili Trawangan(thumb)

Serunya Eksplorasi pantai Gili Trawangan

Tips liburan seru di pantai Gili Trawangan

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Apa saja yang harus diperhatikan saat hendak mengirimkan CV ke kantor baru supaya meninggalkan kesan yang baik bagi calon user.

merawat-gigi__thumb26

Ajarkan Anak untuk Merawat Giginya

Cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak agar menyayangi gigi dan mulut dan mau merawatnya

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :