Passion vs career

Haruskah Karir Masa Depan Selalu Mengikuti Passion?

Bicara soal karir, pasti tidak jauh dari membahas tentang passion. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh sebuah lembaga pelatihan karir, yakni Trade School, Colleges and Universities, terhadap 2000 orang pekerja, hanya 20% dari anggota survey mengaku bekerja sesuai dengan apa yang menjadi impian mereka selama ini. Selebihnya, yakni 80% merasa mereka tidak bekerja berdasarkan passion yang mereka miliki. Bagaimana dengan Anda? Apakah pekerjaan sekarang ini sesuai dengan yang selama ini menjadi dream job Anda, atau tidak sama sekali. Haruskah karir selalu mengikuti passion? Mari kita bahas lebih lanjut.

 

Karir dan passion merupakan dua hal besar dalam dunia pekerjaan. Namun sayangnya, kedua hal ini seringkali tidak bisa berjalan searah. Bila selama ini Anda memiliki pekerjaan dengan gaji yang cukup memuaskan, belum tentu pekerjaan tersebut bisa benar-benar dinikmati, karena Anda tidak bisa merasa seperti menjalani hobi. Sebaliknya, bila Anda senang dengan pekerjaan yang dijalani karena sesuai dengan passion, seringkali penghasilannya kurang memuaskan.

 

Mungkin dalam benak Anda, “Beruntunglah mereka yang bisa mendapatkan keduanya dalam pekerjaan yang dijalani: Mereka yang senang menulis, bisa menjadi seorang editor dalam sebuah perusahaan majalah, atau mereka yang sejak kecil bercita-cita menjadi seorang pilot, kini kesampaian mengemudi sebuah pesawat, gajinya besar pula”. Mungkin juga, hingga saat ini Anda masih penasaran, ingin sekali mencoba pekerjaan yang sesuai dengan passion.

 

Namun, bila Anda ingin menilik lebih dalam lagi, hobi itu memang menyenangkan untuk dijalani, apalagi kalau ada uangnya. Akan tetapi, kalau ada uang, pasti ada tanggung jawab besar yang mengikutinya. Hal ini bisa menjadi pengaruh terhadap kebiasaan Anda dalam menjalani hobi tersebut. Punya hobi menggambar, biasanya cocok untuk jadi seorang designer grafis. Namun, siapkah Anda dengan tanggung jawab berupa: deadline, revisi, belum lagi selera si pihak yang membayar Anda, ternyata jauh berbeda dengan idealisme yang Anda pegang selama ini? Pada akhirnya, sebuah hobi perlu dipertanggung jawabkan juga hasilnya. Dan bila selama ini Anda sudah merasa puas dengan gaji yang Anda terima, meskipun tidak menjalani passion, Anda tetap bisa, kok, melakukan hobi saat weekend, atau di luar waktu kerja. Jadi, kembali ke diri Anda, sudah siapkah dengan ‘efek samping’ dari pekerjaan yang sesuai dengan passion? Apapun itu yang Anda pilih, tetaplah semangat saat menjalaninya.

MOST READ
Akrab Dengan Keluarga Pasangan Mudah, kok_ali1-t

Akrab dengan Keluarga Pasangan? Mudah, kok!

Mengaku tulus menyayangi pasangan tapi belum bisa merebut hati keluarganya? Sebuah hubungan pasti melibatkan keluarga

SYSTEMA-article-banner-18-9_thumb

Supaya Perjalanan Dinas Tidak Membosankan

Tips supaya business trip tidak membosankan, meski harus sambil kerja.

(10)

4 Ide Kencan Seru untuk Quality Time Bersama Pasangan

Quality time dengan pasangan bisa dilakukan dengan kencan. Berikut ide kencan seru yang bisa Anda coba!

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :