Hal Penting yang Patut Anda Ketahui Tentang Sikat Gigi-Revised89

Hal Penting yang Patut Anda Ketahui Tentang Sikat Gigi

Sikat gigi merupakan benda yang dibutuhkan sehari-hari. Namun, benda ini seringkali dianggap sepele. Padahal, dari cara memilihnya saja perlu ketelitian, agar gigi dan gusi Anda tidak hanya sehat, tapi selalu terlindungi. Ayo, kenali 8 hal tentang sikat gigi sebelum Anda membelinya.

 

Pilih bulu sikat yang lembut

Bulu sikat yang lembut penting untuk mencegah gusi mudah terluka. Pilih bulu sikat gigi yang bisa menjangkau ke sela tersempit pada celah gigi, seperti sikat gigi Systema Power Clean.

 

Bentuk kepala sikat

Sikat gigi memiliki bentuk kepala yang berbeda-beda. Pastikan ukuran kepala sikat sedikit lebih kecil dan ramping, agar mampu menjangkau bagian mulut hingga ke ujungnya. Pastikan pula bagian kepala sikat tidak memiliki permukaan yang tajam yang bisa melukai gigi maupun gusi.

 

Gagang sikat

Pilih sikat gigi yang bagian gagangnya berbahan karet agar tidak licin saat digunakan, dan gagang yang ergonomis agar lebih mudah digenggam.

 

Cara menyimpan sikat gigi

Sikat gigi perlu disimpan di tempat yang bersih dan tertutup, jauhkan dari sekitar closet. Pastikan wadah untuk menyimpan sikat gigi Anda selalu dalam keadaan kering.

Cara membersihkan sikat gigi

Sebelum dan sesudah menyikat gigi, pastikan sikat gigi yang Anda gunakan sudah bersih. Cara membersihkan sikat gigi yang benar adalah dengan menggosokkan bulu sikat secara perlahan menggunakan ibu jari, di bawah air mengalir.

Perlukan menggunakan larutan khusus pembersih sikat gigi?

Sebenarnya, membersihkan sikat gigi di bawah air yang mengalir saja sudah cukup. Bila Anda ingin menggunakan larutan khusus, gunakan cairan antiseptik, namun pastikan cairan tersebut aman bila tertelan.

 

 

Waktu yang tepat untuk mengganti sikat gigi

Banyak orang baru akan mengganti sikat gigi ketika sudah tiga atau empat bulan. Namun, sebaiknya, rutinlah mengganti sikat gigi Anda ketika bulu sikat sudah mulai mekar. Karena bulu sikat gigi yang sudah berantakan tidak akan membersihkan gigi dan gusi dengan maksimal.

 

Pantang meminjamkan sikat gigi pada orang lain

Meskipun dalam keadaan mendesak dan pada sesama anggota keluarga, hindari menggunakan sikat gigi yang sama. Anda tidak pernah tahu apakah orang lain yang menggunakan sikat gigi tersebut sempat terluka bagian mulutnya dan meninggalkan bekas pada sikat gigi yang tentunya sangat berbahaya bila Anda kemudian menggunakannya, karena dapat menjadi media penularan penyakit.

MOST READ
5 Kiat Bekerja Cerdas, Bukan Keras_t

5 Kiat Bekerja Cerdas, Bukan Keras

Ibarat mobil, otak adalah mesin yang luar biasa. Dengan segala kelebihannya, otak didesain untuk bekerja cerdas, bukan keras.

Sekilas Mengenal Perawatan Saluran Akar Gigi_t

Sekilas Mengenal Perawatan Saluran Akar Gigi

Perlu Anda ketahui gigi berlubang (karies) memiliki 3 tahapan, mulai berlubang mencapai email, dentin dan pulpa.

NewsExpert_MenjagaKesehatan-t

Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Gangguan pada gigi dan mulut bisa menjadi pemicu penyakit lain. Dari sekian banyak penyakit yang bisa tercetus akibat rusaknya gigi adalah stroke akibat penyumbatan pembuluh darah.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :