7

Habis Tambal Gigi? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Tambal gigi merupakan prosedur perawatan yang dilakukan apabila seseorang mengalami gigi berlubang, terutama ketika bagian dalam gigi sudah mengalami pembusukan. Jenis penambalan gigi tergantung pada seberapa berat kondisi kerusakan pada gigi yang Anda alami, sehingga material yang digunakan untuk menambal gigi juga beragam, mulai dari resin komposit, emas bahkan perak. Meskipun tambal gigi artinya seperti mengembalikan kondisi gigi yang sehat seperti sebelumnya, namun Anda tetap perlu memperhatikan perawatan setelahnya. Lakukan beberapa hal berikut ini.

Beri waktu untuk kembali mengunyah makanan

Bahan maupun zat yang digunakan untuk menambal gigi memerlukan waktu untuk menjadi padat, sebelum akhirnya bisa digunakan kembali untuk mengunyah makanan. Waktu yang dibutuhkan pun berbeda-beda, tergantung dari jenis tambalan yang dilakukan. Ada baiknya, ketika sedang menjalani proses tambal gigi, tanyakan pada dokter gigi yang menangani Anda. Hal ini penting Anda ketahui agar proses penambalan yang baru saja Anda lakukan hasilnya efektif dan tidak menimbulkan kerusakan setelahnya.

Selain demi menjaga keutuhan tambalan, biasanya anestesi yang dilakukan ketika menjalani proses tambal gigi memberikan efek samping pada mulut, dimana Anda tidak dapat merasakan suhu maupun rasa makanan, bahkan bagian-bagian di dalam mulut. Oleh sebab itu, sebaiknya gigi tidak langsung aktif mengunyah, karena ditakutkan apabila tidak bisa merasakan keadaan mulut, kemungkinan Anda bisa melukai bagian dalam mulut secara tidak sadar, baik melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi, maupun cara Anda mengunyahnya. Namun, apabila penambalan hanya dilakukan di satu sisi, maka gunakan gigi pada sisi mulut yang lain.

Tanyakan pada dokter apakah perlu mengonsumsi obat nyeri

Seperti yang Anda ketahui, efek obat anestesi akan menghilang dalam beberapa waktu. Bila kondisi penambalan gigi Anda cukup berat, maka tanyakan pada dokter, apakah Anda perlu mengonsumsi obat nyeri setelahnya. Minta resep dokter untuk obat pereda sakit bila memang dibutuhkan. Bila kondisi kerusakan pada gigi Anda tergolong parah, maka rasa sakit setelah tambal gigi pun bisa memakan waktu satu minggu sampai benar-benar reda.

Jangan segan kembali ke dokter bila ada masalah setelahnya

Meski prosedur tambal gigi sudah selesai dilakukan, ada baiknya Anda tetap memantau keadaan gigi dan mulut pasca-penambalan. Bila sudah lewati dari satu minggu, Anda masih mengalami nyeri yang tidak wajar, maka jangan ragu untuk kembali ke dokter gigi dan periksakan keadaan gigi Anda tersebut. Sebaliknya, bila tidak menemukan masalah, maka rawatlah gigi dengan baik, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rajin menyikatnya setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

MOST READ
my paris dream-thumbnail

Ada Apa dengan Wisata di Kota Paris?

Paris. Kota megah yang merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia, dari kalangan biasa hingga selebriti

5. Cantik Bisa dengan Arang_thumb

Manfaat Arang untuk Kecantikan

Arang (charcoal) sering digunakan sebagai bahan dalam produk-produk kecantikan, seperti: masker, pemutih gigi dan sikat gigi.

SYSTEMA-article banner batch 11_thumb

Lakukan Ini untuk Atasi Gusi Berdarah

Gusi berdarah kerap disepelekan banyak orang. Kenali penyebabnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :