3-hal-wajib-yang-perlu-didahulukan

Habis Gajian, Segera Lakukan 3 Hal ini untuk mengatur keuangan!

“Gaji tidak pernah datang sendirian, dia datang bersama teman-temannya bernama tagihan”

 

Setuju dengan kalimat di atas? Sebetulnya, sih, “teman-temannya” gaji itu bukan hanya tagihan, tapi ada juga “si tabungan” dan “si amal”. Ya, begitulah seharusnya kehidupan yang Anda jalankan setiap bulannya, karena bila hanya memusatkan pada tagihan, maka Anda akan mudah mengalami kerugian atau uang habis di tengah bulan. Namun, bila Anda juga selalu rajin memisahkan pendapatan bulanan untuk menabung dan beramal, hidup Anda akan terasa lebih berimbang. Yuk, mulai atur keuangan dengan melakukan tiga hal berikut ini.

 

Bayar Tagihan

Bila selama ini Anda mencatat tagihan yang harus dibayar setiap bulannya, maka akan lebih mudah untuk Anda mengukur, mana saja yang masih perlu dan mana yang tidak. Sehingga di bulan-bulan berikutnya, tagihan yang datang adalah tagihan dari hal-hal yang memang Anda butuhkan. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam membatasi penggunaan kartu kredit. Kalau memang perlu beli sesuatu, menabunglah terlebih dahulu, jangan sebaliknya.

 

Menabung atau investasi

Rajin menabung setiap bulan memang baik, namun perhatikan, apakah dana yang Anda tabung sudah sesuai dengan yang seharusnya? Idealnya, seseorang perlu menabung sebanyak 15 sampai 30% (maksimal) dari total penghasilan bulanannya. Kalau jumlah tabungan bulanan Anda selama ini masih jauh di bawah angka tersebut, maka, mulailah korbankan uang jajan harian untuk disimpan di tabungan. Bila Anda sudah mampu menabung di angka yang ideal, di atas 15% misalnya, maka Anda juga bisa memulai investasi. Tenang, kini sudah banyak pilihan untuk berinvestasi, bahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang penting, ada dana yang tersimpan dengan aman, yang tidak bisa digunakan seenaknya. Ingat, investasi adalah untuk memenuhi kebutuhan Anda di masa depan.

 

Beramal

Sebagai manusia, beramal adalah kewajiban. Ada zakat, perpuluhan dan bentuk amal lainnya. Memang tidak pernah ada syarat mutlak untuk yang satu ini. Namun, bila Anda memiliki dana yang cukup untuk menjalani amal, mengapa harus menundanya? Bentuk amal pun beragam programnya, ada yang untuk pembangunan rumah ibadah, membantu anak-anak terlantar dan masih banyak lagi. Ingatlah kata-kata bijak Anne Frank, bahwa tidak ada orang yang jatuh miskin hanya karena memberi.

 

Dengan mengutamakan tiga hal yang paling utama ini, maka keuangan Anda setiap bulannya akan lebih mudah diatur.

MOST READ
10 serba-serbi gigi sensitif_rev1_thumb28

Seputar Kerusakan Enamel Gigi

Penyebab kerusakan (erosi) pada enamel gigi

NewsExpert_MenjagaKesehatan-t

Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Gangguan pada gigi dan mulut bisa menjadi pemicu penyakit lain. Dari sekian banyak penyakit yang bisa tercetus akibat rusaknya gigi adalah stroke akibat penyumbatan pembuluh darah.

9-thumb

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Untuk Mencegah Bau Mulut Jelang Interview Pekerjaan

Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang fit, mengisi perut dengan makanan sebelum interview kerja memang dianjurkan. Namun, jangan sampai salah pilih makanan ya! Bisa-bisa Anda jadi bau mulut.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :