6

Gusi Bengkak? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Menurut Survey Synovate AsiaBus tahun 2011, setidaknya 5 dari 10 penduduk Indonesia pernah mengalami masalah gusi. Sedangkan pada tahun 2013, menurut survei dari IPSOS Consumber Tracking, penderita gusi bermasalah di Indonesia tercatat ada sebanyak 28%, meningkat 9% dibanding tahun sebelumnya. Penelitian pun menunjukkan bahwa penyakit pada gusi ini mengacu pada kondisi sistemik lainnya yang dialami seseorang, termasuk diabetes, stroke, jantung dan kanker. Meskipun demikian, penyebab gusi bengkak bukan murni hanya karena penyakit-penyakit tersebut.

Pada umumnya, yang menyebabkan gusi bengkak adalah menumpuknya plak pada gigi. Tidak heran, apabila mengalami gusi bengkak, keluhan yang paling sering terjadi adalah gusi berdarah ketika sedang menyikat gigi. Plak tersebut terbentuk ketika seseorang menjalani proses makan dan minum. Sisa-sisa makanan yang mengandung bakteri inilah yang pada akhirnya mengganggu kesehatan gusi.

Kondisi lain kerap menjadi penyebab gusi bengkak, antara lain ketika hamil. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan memengaruhi kondisi gusi, dimana sistem kekebalan tubuh teganggu sehingga kurang bisa melindungi tubuh dari bakteri penyebab penyakit gigi dan gusi. Akibatnya muncul peradangan di gusi atau gingivitis, yaitu gusi yang membengkak dan berdarah ketika menyikat gigi.

Selain itu, kekurangan vitamin C atau yang biasa disebut dengan istilah skorbut atau scurvy juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Seperti yang Anda tahu, manusia membutuhkan vitamin dan mineral yang memiliki peranan penting, salah satunya dalam menjaga kesehatan gusi, khususnya vitamin B, C, kalsium dan asam folat. Vitamin C sendiri dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena infeksi. Apabila tubuh kekurangan vitamin maupun mineral, maka penyakit pun akan lebih mudah menyerang, termasuk radang gusi.

Lalu bagaimana cara menangani gusi bengkak? Cara terbaik adalah dengan mencari tahu apa sebenarnya penyebab dari gigi bengkak yang Anda alami, terutama bila keadaan gigi semakin sering berdarah ketika disikat. Lakukan konsultasi pada dokter gigi. Di samping itu, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Pastikan untuk memilih produk yang tepat, seperti Systema Gum & Teeth Protection. Dengan formulasi khusus dari LION Jepang, Systema Gum & Teeth Protection dua kali lebih baik digunakan untuk merawat gusi, karena memiliki kandungan IPMP yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi, serta GK2 dan OHBAKU yang berfungsi menjaga kesehatan gusi.

MOST READ
Cari tahu pentingnya Pre-Marital Check Up, yuk_thumb

Pre-Marital Check Up, Pentingkah?

Apa manfaat dari melakukan pre-marital check up, atau cek up kesehatan sebelum menikah? Jangan lupa cek juga kesehatan gigi dan mulut.

Tips Presentasi Lancar Di Depan Klien-t

Tips Presentasi Lancar Di Depan Klien

Mungkin banyak dari Anda saat menunggu waktu untuk mempresentasikan kerjaan di depan klien merasakan gugup, keringat dingin, mual, dan mulas campur jadi satu.

Makanan Manis Berbahaya Untuk Gigi Mitos atau Fakta_t

Makanan Manis Berbahaya Untuk Gigi? Mitos atau Fakta?

Selalu saja ada perdebatan bila Anda dihadapkan pada satu kejadian, termasuk kesehatan gigi.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :