Gigi Berlubang Akibat Makanan Manis aat Buka Puasa_Siapa Takut-b

Gigi Berlubang Akibat Makanan Manis Saat Buka Puasa? Siapa Takut?

Di bulan Ramadhan tak hanya pahala yang diturunkan berlipat ganda, nyatanya puasa membawa banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Contohnya usus, lambung, ginjal, liver yang senantiasa bekerja non stop, bisa beristirahat saat kita berpuasa. Karena itu, kadar asam lambung pada orang yang berpuasa lebih rendah dari mereka yang tidak. Belum lagi enzim epinefrin, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh pun jadi lebih kuat.

Ada baiknya Anda menjaga pola makan seimbang saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh tetap bugar. Banyak orang yang menyalahartikan ungkapan “berbukalah dengan yang manis”. Padahal maksud ungkapan tersebut adalah berbuka dengan minuman ataupun makanan manis dari gula alami dengan porsi cukup. Makanan ataupun minuman manis dengan porsi berlebihan, menstimulasi insulin yang membuat orang merasa cepat berenergi namun mudah lemas. Tak hanya itu kadar gula yang terlalu banyak merupakan musuh utama bagi kesehatan gigi. Gula yang tertinggal, perlahan akan mengikis lapisan emall gigi sehingga timbullah gigi berlubang. Untuk mengatasinya, gunakan pasta gigi Systema Nano. Satu-satunya Pasta gigi dengan kalsium nano yang hadir di Indonesia. Dalam Pasta lembutnya yang menyebar super cepat, kalsium nano efektif menutup lubang super kecil sebelum jadi masalah. Jangan tunggu gigi berlubang, pakai Systema nano dan buktikan dalam 14 hari.

Lalu bagaimana cara berbuka puasa yang tepat? Menurut pakar kesehatan, cara terbaik untuk berbuka adalah, minum air putih sebanyak 2-3 gelas yang diikuti dengan buah kurma sebanyak 5-6 butir sebelum solat maghrib. Kurma memiliki kadar glukosa dan fruktosa serta 64% kandungan kalium yang jauh lebih tinggi dari pisang. Kurma adalah karbohidrat kompleks yang prosesnya memakan waktu, sehingga takkan menimbulkan lonjakan kadar gula secara drastis di dalam darah. Sementara gula dan makanan manis lain yang biasa kita konsumsi saat berbuka (ta’jil) seperti kolak, gorengan dan lainnya merupakan karbohidrat sederhana. Kandungan inilah yang akan mengikat lemak. Jadi, jangan heran apabila berat badan Anda justru naik setelah berpuasa.

Bagi Anda yang memilih teh manis sebagai minuman wajib berbuka puasa, gantilah gula dengan madu. Namun akan lebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi juice buah-buahan segar berwarna merah atau kuning. Mengapa? Buah berwarna merah dan kuning lebih banyak mengandung kadar air yang bisa menyehatkan ginjal dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Buah berwarna kuning seperti mangga juga baik untuk menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan. Buatlah segelas juice apel dicampur dengan pear. Atau bisa juga mengkombinasikan jeruk dengan pepaya tanpa gula sebagai penghilang dahaga. Untuk variasi berbuka lainnya, oatmeal dengan topping buah-buahan segar seperti anggur, strawberry dan raspberry adalah opsi lezat juga tepat. Ingin yang lebih simpel sekaligus mampu menahan rasa lapar, ubi dan singkong rebus juga merupakan alternatif baik untuk menu berbuka.

Supaya terhindar dari gangguan pada perut saat berbuka puasa seperti sebah, kembung juga maag, lanjutkan dengan menu utama setelah solat maghrib untuk memberi jeda pada lambung setelah seharian kosong. Utamakan makanan utama berbuka puasa Anda juga mengandung karbohidrat kompleks kaya serat seperti beras merah, kacang-kacangan, roti gandum agar kadar glukosa darah tetap stabil.

MOST READ
Pertahankan Hubungan Cinta Dengan Beberapa Cara Ini_t

Pertahankan Hubungan Cinta Dengan Beberapa Cara Ini

Sebuah hubungan kadang tanpa Anda sadari mengabaikan hal-hal tentang diri sendiri. Anda seperti melakukan yang tidak sesuai dengan kata hati

FashionStyleCouple-thumb

Fashion Style yang Bisa Digunakan Bareng Si Dia

Kencan akan lebih seru dengan menggunakan fashion style yang sama dengan si dia. Baca tipsnya di sini.

Pasangan-thumb

Jangan Sampai Calon Pasangan Anda Mundur karena Hal Ini!

Hindari beberapa kebiasan dan perilaku berikut ini, yang seringkali membuat calon pasangan Anda mundur!

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :