4. 4 Fakta dan Mitos Seputar Kesehatan Mulut

Fakta dan Mitos Tentang Kesehatan Mulut yang Perlu Anda Ketahui

Banyak orang menganggap gigi itu harus putih cemerlang, padahal sebetulnya kondisi gigi masing-masing orang berbeda-beda. Beberapa mitos dan fakta ini jangan sampai membuat Anda keliru. Yuk, simak mitos apalagi yang perlu diketahui kebenarannya.

 

Mitos: Tidak boleh cabut gigi saat sedang menstruasi

Fakta: Memang, ketika sedang mengalami menstruasi, perubahan hormonal yang dialami wanita memengaruhi keadaan mulutnya. Ketika menstruasi, gusi lebih rentan terhadap peradangan. Namun demikian, Anda tetap bisa melakukan pencabutan gigi bila keadaan tersebut bersifat urgent dan harus segera dilakukan. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter gigi yang akan menangani Anda. Bila proses pencabutan gigi tersebut masih bisa ditunda, maka lakukanlah pada minggu terakhir dari siklus menstruasi, yaitu hari ke-22-28 ketika kadar esterogen sedang rendah.

 

Mitos: Wanita hamil perlu hati-hati kalau ingin merawat gigi.

Fakta: Saking hati-hatinya, seringkali justru malah membuat ibu hamil enggan merawat gigi dan gusinya secara tepat. Padahal, seharusnya selama hamil, kesehatan gigi dan mulut tetap perlu diutamakan. Pada Huffington Post, Presiden American Academy of Periodontology, dr. Nancy K. Newhouse mengatakan bahwa bila mengalami gejala berupa gigi ngilu, gusi berdarah saat menggosok gigi dan bau napas tidak sedap ketika sedang hamil, perlu langsung mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan. Berdasarkan data dari Pregnancy Risk Assessment Monitoring System, pada 2007 hingga 2009, di Amerika Serikat sendiri, terdapat sebanyak 56% wanita hamil yang tidak pernah memerisakan diri ke dokter gigi dan mengabaikan perawatan gigi sedara rutin.

 

Mitos: Gigi yang putih cemerlang, gambaran gigi yang sehat

Fakta: Warna gigi ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu keturunan, usia (semakin tua, warna gigi akan menguning), penggunaan obat-obatan, dan luka maupun trauma. Tidak juga bisa dibilang, bahwa gigi yang putih cemerlang adalah warna gigi yang harus dimiliki semua orang, karena masing-masing orang memiliki warna gigi yang berbeda-beda. Bila sedang mengalami penyakit tertentu, maka obat-obatan yang dikonsumsi juga bisa memengaruhi warna gigi menjadi lebih kuning, begitu dengan makanan dan minuman serta kebiasaan seperti merokok yang bisa membuat warna putih pada gigi memudar.

 

Mitos: Tidak perlu ke dokter gigi, bila tidak mengalami masalah gigi

Fakta: Perlu atau tidaknya mengunjungi dokter gigi tidak ditentukan dengan ada atau tidaknya masalah pada gigi. Belum tentu, keadaan mulut yang Anda anggap baik-baik saja, benar-benar bebas dari masalah. Seringkali, ketika mengunjungi dokter gigi, Anda akan mengetahui keadaan gigi yang sebenarnya. Bisa jadi, gigi Anda memang tidak sakit, namun karang gigi sudah kian membesar di gigi dan hal tersebut secara tidak Anda sadari, membahayakan gigi Anda.

MOST READ
3_thumb

Awas! Kebiasaan Ini Bikin Gigi Rusak

Beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membuat gigi jadi mudah rusak.

Goodbye Tootache, Hello Cupcake_t

Goodbye Tootache, Hello Cupcake!

Bentuknya yang unik, lembut, bewarna-warni dan manis membuat Anda jatuh cinta dan menggemari megkonsumsi cupcake?

Hobi Masak Bikin Si Dia Makin Sayang-t

Hobi Masak Bikin Si Dia Makin Sayang!

Bagi Anda para wanita yang sudah menjalin hubungan yang cukup lama dengan kekasih dan ingin memberikan kejutan yang tidak biasa, seperti memasak untuk kekasih,

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :