Diabetes Bisa Pengaruhi Kesehatan Gigi

Diabetes Berpengaruh pada Kesehatan Gigi

Diabetes, salah satu penyakit tidak menular, namun seringkali terjadi. Seperti yang Anda ketahui selama ini, diabetes lekat dengan konsumsi gula yang berlebihan. Namun, ketika sudah mengalami penyakit diabetes, ternyata risiko mengalami masalah gigi pun bisa meningkat.

Selain memengaruhi organ vital di dalam tubuh seseorang, penyakit diabetes juga dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Beberapa perubahan di dalam rongga mulut yang terjadi pada penderita diabetes antara lain: luka pada sudut mulut, mukosa mulut kering dan pecah-pecah, sensasi rasa terbakar pada mulut dan lidah, berkurangnya aliran ludah, serta jumlah bakteri di rongga mulut yang semakin banyak. Selain itu, peningkatan risiko gigi berlubang juga rentan terjadi pada pasien dengan diabetes yang tidak terkontrol.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Stevent Sumantri mengatakan bahwa gula darah yang tinggi dapat memicu pertumbuhan bakteri. Selain itu, diabetes dapat membuat daya tahan tubuh seseorang melemah, produksi air liur berkurang dan rongga mulut menjadi asam. Ketika diabetes tidak terkontrol, maka kesehatan gigi juga bisa menjadi semakin buruk, termasuk penderitanya yang mudah mengalami gusi berdarah.

Meskipun demikian, tidak semua orang yang menderita diabetes akan mengalami masalah gigi tersebut, semua tergantung pada kebiasaan orang tersebut dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Penting untuk diketahui, ketika pasien diabetes mengalami permasalah gigi dan mulut, maka kendali gula darah akan semakin buruk. Seperti penyakit infeksi lainnya, penyakit gusi yang serius juga dapat menyebabkan gula darah meningkat. Maka tidak heran karena penderita diabetes lebih rentan terhadap infeksi, ia pun menjadi lebih sulit untuk melawan bakteri yang menyerang gusi.

Menurut dokter Stevent, diabetes dan gangguan pada gigi dan mulut sebaiknya diatasi bersama-sama. Hal ini tentu memerlukan koordinasi antara dokter penyakit dalam dan dokter gigi, karena dengan gula darah yang terkontrol, Anda pun akan lebih mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Begitu pula sebaliknya, dengan kesehatan gigi dan mulut yang terjaga, maka gula darah akan lebih mudah dikontrol. Keduanya saling berkaitan.

Jadi, jangan tunggu sampai diabetes dulu, baru Anda merawat gigi dan mulut. Selain itu, mulailah batasi konsumsi makanan yang mengandung gula. Bukan menghindari, namun bijaklah ketika makan makanan yang manis-manis. Ingatlah untuk membersihkan mulut dengan menyikat gigi di malam hari sebelum Anda tidur. Gunakan selalu produk yang tepat, seperti Systema Nano Toothpaste, yang diformulasikan LION Jepang dengan kandungan kalsium nano yang mampu mencegah serta perbaiki karies dini (gejala awal gigi berlubang) hanya dalam 14 hari.

 

MOST READ
Hanami, Wisata Bunga Sakura di Jepang-t

Hanami, Wisata Bunga Sakura di Jepang

Salah satu ciri khas Jepang adalah Bunga Sakura. Ketika musimnya datang, bunga ini bermekaran memberi nuansa warna pink di seluruh wilayah Negeri Matahari Terbit.

5 bahan alami untuk sariawan_thumb

Sering Mengalami Sariawan? Obati dengan Cara Alami Berikut Ini!

Beberapa alternaif pengobatan secara alami untuk mengatasi sariawan.

Pilih ramen atau udon_thumb

Ramen atau Udon?

Membahas tentang keunikan ramen vs udon, salah satu poin menyinggung soal makanan yang panas bisa bikin gigi ngilu.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :