Deretan Makanan Penyebab Gigi Berlubang-b2

Deretan Makanan Penyebab Gigi Berlubang

Merawat gigi ternyata tidak cukup hanya dengan menyikat gigi secara teratur. Seperti halnya menjaga berat badan, perlu juga memperhatikan diet yang tepat agar gigi tidak mudah berlubang. Apa dan bagaimana diet untuk gigi itu?

Salah satu faktor terbesar perusak gigi adalah sisa makanan yang melekat pada gigi dan luput dari aktivitas membersihkan gigi. Matt Messina, D.D.S., penasehat untuk American Dental Association menjelaskan, bakteri yang ada di mulut membakar gula dari sisa-sisa makanan untuk bertahan hidup. Hasil dari pembakaran tersebut menghasilkan asam yang mampu merusak enamel gigi dan melubanginya.

Memang tidak semua makanan dapat dengan mudah dibersihkan dengan cara menggosok gigi dan berkumur dengan mouthwash saja. Umumnya, makanan yang lengket dan mengandung banyak gula sulit dibersihkan dan sangat berbahaya untuk gigi. Maka, akan lebih baik jika Anda melakukan diet ketat terhadap makanan-makanan lengket dan manis seperti di bawah ini:

  1. Permen keras
    Makanan ini sangat lengket dan kaya akan gula. Artinya mereka tidak hanya akan mudah lengket di gigi tapi juga akan memberikan makanan bagi bakteri yang ada di mulut.
  1. Minuman ringan.
    Umumnya, minuman ringan seperti cola, soda dan lainnya diberi pemanis agar nikmat diminum. Meski tidak selengket buah kering, gula pada minuman ringan juga berbahaya bagi gigi.
  1. Minuman Beralkohol
    Minuman beralkohol tidak lengket dan tidak juga manis. Namun, alkohol menginhibisi jumlah produksi air liur di dalam mulut. Padahal air liur berfungsi membersihkan partikel makanan yang tersisa di gigi namun tidak menempel. Air liur juga mampu memberikan perlindungan dari asam yang dapat merusak gigi.

Namun bukan berarti tidak boleh sama sekali mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Asalkan langsung menyikat gigi setelahnya agar potensi sisa makanan dan minuman tersebut melubangi gigi bisa diperkecil. Apalagi jika Anda menggunakan perangkat perawatan gigi yang maksimal seperti Systema Advance Oral Care System. Sikat gigi Systema mampu membersihkan 9 kali lebih baik dari sikat gigi biasa dengan bulu sikatnya yang lembut dan ramping, mampu membersihkan kotoran hingga ke sela gigi.

 

Sementara, pasta gigi Systema Nano merupakan satu-satunya pasta gigi dengan kalsium nano. Pasta lembutnya dapat menyebar super cepat di dalam mulut dan  kalsium nano yang dikandungnya efektif menutup lubang super kecil.

MOST READ
Waspada Pencabutan Gigi Saat Menstruasi_t

Waspada Pencabutan Gigi Saat Menstruasi

Bagi Anda para perempuan masa menstruasi merupakan hal yang menyebalkan yah, karena rasa sakit yang dialami dapat menyebabkan perubahan hormonal

Kesehatan Gigi yang Baik Dapat diwariskan pada Anak_t

Kesehatan Gigi yang Baik Dapat diwariskan pada Anak

Anda pernah mendengar mitos bahwa kesehatan gigi yang merupakan salah satu warisan dari orang tua?

shutterstock_275767097

Makanan Sahabat Gigi dan Gusi

Makanan ini mendukung kesehatan gigi dan gusi.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :