10

Cara Menjaga Bau Mulut Tetap Segar Walaupun Harus Lembur Sampai Larut Malam

Menjaga bau mulut supaya tetap segar merupakan hal yang tidak mudah. Terutama jika Anda harus lembur sampai larut malam. Padahal, tidak jarang bau mulut juga bisa mempengaruhi performa Anda. Simak bagaimana cara menjaga bau mulut agar tetap segar walaupun Anda sedang lembur sampai malam hari.

Sikat gigi teratur

Setelah Anda makan, beberapa partikel makanan akan tertinggal di dalam mulut. Hal ini akan menyebabkan timbulnya bakteri di antara gigi, gusi, dan pada permukaan lidah. Bakteri yang tumbuh inilah yang kemudian menimbulkan bau mulut. Oleh karena itu, agar bakteri tidak muncul, Anda harus menyikat gigi secara teratur untuk menghilangkan sisa partikel makanan yang tertinggal. Jangan pernah lupa juga untuk menyikat bagian lidah Anda.

Gunakan dental floss

Ada kalanya makanan yang Anda konsumsi akan tertinggal di sela-sela gigi dan tidak terjangkau oleh sikat gigi. Padahal makanan ini juga berpotensi meninggalkan partikel makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Solusinya, gunakan dental floss atau benang gigi untuk mengangkat sisa makanan tersebut.

Pastikan selalu terhidrasi

Ternyata, kondisi mulut yang kering (xerostomia) juga bisa menyebabkan bau mulut. Air liur dalam mulut manusia ternyata tak hanya untuk menjaga kelelmbapan, tetapi juga berfungsi untuk menetralkan asam yang diproduksi oleh plak. Supaya kelembapan mulut dan produksi saliva tidak kurang, pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi dengan minum setidaknya delapan gelas air per hari.

Hindari penyebab bau mulut

Beberapa makanan yang Anda konsumsi memang bisa memperparah bau mulut. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari makanan tersebut. Contoh makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung bawang. Hal ini karena bawang kaya akan sulfur yang meninggalkan bau pada mulut. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari tuna dan beberapa ikan karena mengandung trimethylamine yang menyebabkan timbulnya bau amis.

 

Konsultasi dengan dokter

Saat bakteri telah lama menempel pada permukaan mulut, maka ia akan berubah menjadi plak. Plak yang belum lama menempel pada permukaan mulut memang bisa dibersihkan dengan sikat atau benang gigi. Namun, plak yang sudah lama menempel akan susah dihilangkan dan solusinya adalah dengan menemui dokter. Dokter gigi nantinya akan memberi tindakan scaling.

 

Menjaga bau mulut supaya tetap segar walau Anda harus lembur hingga larut malam memang tidak mudah. Semoga dengan melakukan beberapa tips di atas Anda bisa mendapatkan bau mulut yang segar. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan gigi dengan pasta gigi Systema Gum & Teeth Protection.

MOST READ
Cari tahu pentingnya Pre-Marital Check Up, yuk_thumb

Pre-Marital Check Up, Pentingkah?

Apa manfaat dari melakukan pre-marital check up, atau cek up kesehatan sebelum menikah? Jangan lupa cek juga kesehatan gigi dan mulut.

Tips Presentasi Lancar Di Depan Klien-t

Tips Presentasi Lancar Di Depan Klien

Mungkin banyak dari Anda saat menunggu waktu untuk mempresentasikan kerjaan di depan klien merasakan gugup, keringat dingin, mual, dan mulas campur jadi satu.

Makanan Manis Berbahaya Untuk Gigi Mitos atau Fakta_t

Makanan Manis Berbahaya Untuk Gigi? Mitos atau Fakta?

Selalu saja ada perdebatan bila Anda dihadapkan pada satu kejadian, termasuk kesehatan gigi.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :