Amankah mencabut gigi saat hamil65

Cabut Gigi Saat Hamil, Amankah?

Beberapa masalah pada gigi seringkali membuat Anda harus menjalani yang namanya cabut gigi. Biasanya, hal ini diawali dengan timbulnya sakit gigi, yang paling sering terjadi adalah karena gigi berlubang serta adanya pembengkakan gusi. Sakit yang menyiksa tersebut tentu sangat mengganggu, terutama saat Anda sedang hamil, di mana Anda harus fokus menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Bila masalah gigi tersebut tidak diobati, maka kondisi ini akan semakin membahayakan Anda maupun janin.

 

Namun, seperti yang Anda ketahui, sebelum melakukan proses pencabutan gigi, perlu ada pemeriksaan sebelumnya. Dokter akan menentukan apakah Anda bisa langsung menjalani proses pencabutan gigi, karena dalam keadaan tertentu, seperti tekanan darah tinggi, atau ketika sedang hamil, proses pencabutan gigi perlu perhatian khusus, bahkan kadang perlu ditunda.

 

Ketika sedang hamil dan mengalami masalah gigi, syarat pertama yang perlu Anda lakukan adalah konsultasi pada dokter kandungan dan dokter gigi Anda, karena merekalah yang paling memahami keadaan Anda dan merekalah yang akan menentukan proses kelanjutan dari masalah gigi tersebut. Bisa jadi, Anda belum perlu melakukan pencabutan, atau sebaliknya, pencabutan gigi tersebut perlu dilakukan secepatnya, apalagi bila masalah gigi Anda bisa menyebabkan infeksi berkelanjutan.

 

Proses pencabutan gigi juga ditentukan oleh usia kehamilan Anda. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk melakukan pencabutan gigi di usia kehamilan trimester kedua, sebelum memasuki trimester terakhir. Pada usia ini, janin di dalam kandungan sudah cukup kuat bila proses pencabutan gigi menimbulkan kontraksi. Dengan perkembangan teknologi, pencabutan gigi juga akan dilakukan oleh dokter dengan mengusahakan pendarahan minimal, luka minimal, infeksi yang terkontrol dengan mengutamakan kenyamanan dan keselamatan Anda. Pemberian obat juga akan disesuaikan dengan kehamilan Anda. Jadi, aman atau tidaknya pencabutan gigi saat hamil, dokterlah yang menentukan.

 

Tentunya, Anda tidak ingin mengalami masalah gigi yang serius, terutama ketika sedang hamil, bukan? Oleh karena itu, jagalah kesehatan gigi dan mulut Anda. Rajinlah membersihkan area mulut dengan menyikat gigi secara teratur, dua kali sehari, pagi hari dan malam sebelum Anda tidur. Jangan mengabaikan kebiasaan ini karena Anda tidak akan tahu kapan gigi Anda akan mengalami gangguan. Gunakan Systema Gum & Teeth Protection Toothpaste yang dapat melindungi gigi dan gusi Anda. Dengan formulasi khusus dari LION Jepang, Systema Gum & Teeth Protection 2X lebih baik digunakan untuk merawat gusi, karena memiliki kandungan IPMP yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi, sehingga Anda akan jauh dari masalah gigi saat hamil.

MOST READ
Gigi Ngilu Saat Hamil, Apa Akibatnya Bagi Bayi-t

Gigi Ngilu Saat Hamil, Apa Akibatnya Bagi Bayi?

Penyakit yang terjadi pada gusi atau kondisi peradangan kronis yang menyerang gusi dan tulang di sekitar gigi dapat menyebabkan kelahiran prematur

SYSTEMA-article-banner-18-3_thumb

Air Garam untuk Kesehatan Mulut, Efektifkah?

Manfaat air garam untuk kesehatan mulut.

green-tea_thumb

Cara Menikmati Green Tea di Jepang

Menikmati green tea dalam bentuk makanan yang unik khas Jepang

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :