3

Awas! Kebiasaan Ini Bikin Gigi Rusak

Kebiasaan sehari-hari secara tidak sadar bisa menjadi penyebab kerusakan gigi yang Anda alami, lho. Semua orang mungkin sangat paham, kalau kebiasaan tidur tanpa menyikat gigi terlebih dahulu jelas akan membuat gigi Anda rusak akibat bakteri dari sisa makanan yang menempel di mulut. Namun, ada kebiasaan lain yang juga bisa merusak gigi. Yuk, cek, siapa tahu Anda masih sering melakukannya.

Terlalu semangat menyikat gigi

Lupa menyikat gigi bisa mengundang masalah, tetapi terlalu semangat menyikat gigi pun juga salah satu penyebab gigi rusak. Beberapa orang masih beranggapan bahwa frekuensi menyikat gigi menentukan kebersihan gigi. Padahal, bila terlalu sering disikat, lapisan gigi akan lebih mudah terkikis. Demikian pula dengan mereka yang menyikat gigi sesuai waktu yang dianjurkan, namun gerakan yang dilakukan saat menyikat gigi terlalu kerasa, seakan-akan gigi adalah lantai yang kotor. Hal tersebut juga hanya akan merusak lapisan gigi. Cukup lakukan gerakan perlahan dari atas ke bawah, namun pastikan Anda memilih sikat gigi yang tepat.  Systema Power Clean Toothbrush memiliki bulu sikat bersifat double tapered filament yang mampu menjangkau ke sela tersempit pada celah gigi. Meski kuat mencongkel plak membandel pada permukaan gigi, bulu sikatnya tetap terasa lembut pada gigi dan gusi, sehingga tidak merusak lapisan gigi dan menjaganya tetap sehat.

Mengunyah es batu

Meskipun es batu hanya mengandung air mineral, bukan gula maupun asam, namun kebiasaan mengunyah es batu dapat meningkatkan risiko gigi rusak. Es batu merupakan beda keras dan bersuhu dingin yang memiliki potensi membuat gigi mengalami keretakan. Tentu hal ini dapat membawa efek samping berupa sakit gigi.

Tidak ada gunting, gigi pun jadi

Sering melakukan kebiasaan ini? Biasanya, ketika membeli camilan atau sekadar ingin membuka sebuah kemasan dan tidak melihat adanya gunting di dekat Anda, lalu gigi dijadikan alat untuk membukanya, hanya supaya mempersingkat waktu. Bayangkan, fungsi gigi yang sebenarnya adalah mengunyah makanan, itu pun sebaiknya bukan makanan yang teksturnya terlalu keras seperti es batu. Lalu, bagaimana bila Anda menggunakan gigi untuk hal lain yang jelas bukan fungsinya? Jangan heran apabila gigi Anda lama kelamaan menjadi mudah rapuh, retak bahkan patah. Belum lagi Anda sendiri tidak tahu bahan apa yang digunakan pada kemasan tersebut, bisa saja mengandung bakteri maupun racun yang harus dihindari untuk bersentuhan langsung dengan area mulut.

MOST READ
Lembur-thumb

Bekerja dengan Cara Ini Akan Menghindari Anda dari Lembur

Lembur hampir setiap hari? Bisa jadi karena cara kerja yang dilakukan selama ini salah. Ini tipsnya untuk menghindari lembur.

Nge-mallSaatKencanSudah KunoAyoOlahragaBarengPasangan-t

Nge-mall Saat Kencan sudah Kuno. Ayo, Olahraga Bareng Pasangan

Nonton di bioskop bareng pasangan. Daripada Cuma duduk-duduk berduaan , ajak deh pasangan kamu dengan ritual baru, yaitu berolahraga.

Yuk, bikin Cupcake praktis ini di rumah!(thumb)

3 Resep Cupcake untuk Temani Weekend Anda Sekeluarga

3 resep cupcake yang mudah dibuat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :