5

Apakah Sakit Gigi Bisa Menulari Pasangan Anda?

Kesehatan gigi memiliki efek terhadap kualitas hidup. Kesehatan mulut yang kurang bagus dapat mengganggu kesehatan tubuh yang lain secara sistemik juga. Namun, pernahkah Anda mendengar bahwa sakit gigi bisa menular? Meski terdengar aneh, para ilmuwan membeberkan fakta dan menyebut bahwa hal ini bisa terjadi. Sakit gigi ternyata bisa menulari pasangan Anda. Mengapa? Yuk, ketahui fakta-faktanya di bawah ini!

Disebabkan oleh infeksi bakteri

Banyak orang kurang akan paham bahwa kesehatan gigi berkaitan langsung dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini karena mulut merupakan pintu untuk semua jenis mikroba yang dapat menginfeksi dan masuk ke pembuluh darah. Tak banyak yang tahu bahwa sakit gigi  sebenarnya merupakan infeksi yang bisa menular pada orang lain maupun pasangan Anda. Penyebab gigi berlubang bukanlah makanan manis, namun sebenarnya disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus.

Bakteri Streptococcus

Bakteri Streptococcus akan mengubah gula dan karbohidrat yang Anda makan menjadi asam. Gigi yang berada dalam lingkungan yang asam akan mudah tergerogoti. Hal tersebut dapat menyebabkan karies pada gigi (gigi berlubang) dan juga radang gusi. Penularan bakteri ini sering terjadi pada pasangan. Misalnya bila Anda saling berbagi perlengkapan mandi, berbagi perlengkapan makan, dan sebagainya. Perpindahan bakteri juga terjadi pada orang tua dan anak yang saling mencicipi makanan.

Efek yang akan timbul

Gigi berlubang awalnya merupakan gigi berongga yang disebabkan oleh kerusakan di bagian gigi yang kemudian berkembang menjadi lubang. Lubang yang terbentuk memungkinkan masuknya bakteri Streptococcus tersebut dalam peredaran darah dan masuk ke jantung sehingga timbul infeksi. Bakteri tersebut juga dapat menyebabkan infeksi pada rongga mulut, infeksi gusi (gingivitis), gigi tanggal, hingga membuat kesulitan dalam mengunyah makanan. Kadang rasa nyeri di gigi dan rahan bisa meluas ke bagian wajah dan kepala.

Pencegahan yang bisa Anda lakukan

Rawat dan bersihkan gigi secara teratur untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab kerusakan gigi. Menyikat gigi di pagi hari belum cukup untuk mengatasinya karena Anda harus menyikat gigi seusai makan untuk membersihkan bakteri yang ada. Gosoklah gigi setelah makan dan sebelum tidur serta kurangi asupan makanan yang manis dan asam.

 

Itulah ulasan bahwa sakit gigi ternyata bisa menular. Tidak ada satu pun orang yang ingin tertular penyakit gigi. Sangat penting untuk selalu rutin merawat gigi Anda agar tidak mudah rusak dan tidak menyebabkan masalah lebih lanjut. Rawatlah selalu gigi dengan Systema agar kesehatan gigi Anda selalu terjaga. Semoga bermanfaat!

MOST READ
Kencan Seru dengan Black Kuliner thumb

Ide Kencan Seru: Black Kuliner

Membahas ide kencan seru, yaitu menikmati kuliner yang serba hitam, black burger, black frozen yogurt, dll (Membahas charcoal sebagai salah satu bahan dari makanan yang hitam, kaitkan ke produk)

Waspada Pencabutan Gigi Saat Menstruasi_t

Waspada Pencabutan Gigi Saat Menstruasi

Bagi Anda para perempuan masa menstruasi merupakan hal yang menyebalkan yah, karena rasa sakit yang dialami dapat menyebabkan perubahan hormonal

4 Makanan Sehat Untuk Keluarga-t

4 Makanan Sehat Untuk Keluarga

Hidup di zaman yang serba instan memberikan Anda banyak sekali kemudahan dalam segala hal, termasuk dalam hal kuliner.Makanan instan atau cepat saji menjadi salah satu menu makanan favorit setiap anggota keluarga.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :