Aktifitas Ini Bisa Membuat Gigi Berlubang

Gigi berlubang tidak hanya terjadi karena pembusukan sisa makanan. Ada sejumlah aktifitas yang tidak ada hubungannya dengan makanan namun ternyata dapat menimbulkan masalah pada gigi, termasuk gigi berlubang.

Ketika menemukan lubang pada gigi, biasanya yang pertama kali disalahkan adalah makanan manis, minuman soda atau menyikat gigi kurang bersih. Padahal ada aktifitas lain, yang seringkali tidak disadari, ikut andil dalam proses merusak gigi.

Salah satu penyebab gigi berlubang adalah latihan kardio. Berdasarkan sebuah kajian di Jerman, diketahui bahwa atlet yang sering melakukan latihan kardio lebih mudah mengalami erosi gigi dibandingkan dengan orang yang kurang berolahraga. Lebih banyak latihan kardio yang mereka lakukan tiap pekan, lebih besar risiko mereka mengalami gigi berlubang.

Alasannya, latihan kardio mengurangi jumlah air liur. Padahal air liur mengandung banyak mineral yang menutrisi gigi dan menetralkan asam yang menyebabkan aus dan pembusukan. Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya gosok gigi sebelum berolahraga dan berkumur dengan air setelah mengonsumsi cairan yang mengandung gula atau asam. Selain itu, mengunyah permen karet bebas gula ketika berolahraga juga bisa meningkatkan produksi ludah.

Untuk hasil terbaik, pilihlah perangkat perawatan gigi yang maksimal seperti Advance Oral Care System. Sikat gigi Systema Nano mampu membersihkan 9 kali lebih baik dari sikat gigi biasa dengan bulu sikatnya yang lembut dan ramping, mampu membersihkan kotoran hingga ke sela gigi. Bentuk kepala sikat giginya yang ramping juga bisa masuk ke bagian gigi terdalam sekalipun. Di samping itu, bulu sikat gigi Systema lembut di gusi, sehingga tidak melukai gusi.

Gunakan juga, pasta gigi Systema Nano merupakan satu-satunya pasta gigi dengan kalsium nano. Pasta lembutnya dapat menyebar super cepat di dalam mulut dan kalsium nano yang dikandungnya efektif menutup lubang super kecil. Jadi, dijamin gigi Anda akan terlindungi dari lubang sehingga tidak menyebabkan masalah pada gigi.

Aktifitas olahraga lain yang juga dapat merusak gigi adalah angkat berat. Sebab, saat mengangkat beban, seluruh tekanan yang terjadi selama aktivitas ini bisa menekan gigi atau bahkan meretakkannya. Ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada rahang.

Maka, sebaiknya Anda menggunakan pelindung gigi saat beraktivitas angkat berat. Pelindung gigi ini relatif murah dan mudah ditemukan di toko-toko perlengkapan olahraga. Meski murah, alat ini cukup efektif melindungi gigi.

MOST READ

Aktifitas Ini Bisa Membuat Gigi Berlubang

Salah satu penyebab gigi berlubang ialah latihan kardio. Berdasar kajian, diketahui bahwa atlet yang sering latihan kardio lebih mudah mengalami erosi gigi

Benarkah Osteoporosis Berpengaruh di Gigi_t

Benarkah Osteoporosis Berpengaruh di Gigi?

Selama ini Osteoporosis diidentikan dengan penyakit yang hanya menyerang lansia berusia di atas 65 tahun. Padahal tidak hanya lansia

Tips mendapatkan hati calon mertua_thumb

"Cari Muka" pada Calon Mertua dengan Hal yang Positif

Cara/hal-hal positif yang bisa dilakukan untuk mencuri hati calon mertua

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :