merawat-gigi

Ajarkan Anak untuk Merawat Giginya

Mengajarkan anak untuk memulai kebiasaan baik memang tidak bisa dibilang mudah. Apalagi, kalau anak belum mengerti alasan kenapa ia harus melakukan kebiasaan tersebut. Salah satunya, merawat gigi. Saat mengajarkan anak untuk terbiasa merawat kesehatan giginya, orangtua perlu menjelaskan, dari mulai kenapa giginya harus dirawat, sampai hal apa yang bisa terjadi kalau ia tidak merawat giginya dengan baik. Coba tips berikut ini!

 

Jelaskan Alasannya

Merawat gigi dan mulut perlu dilakukan bahkan sejak dini untuk menghindari berbagai masalah yang bisa terjadi pada gigi dan gusi. Anda tentu tidak ingin si kecil Anda mengalami sakit gigi akibat tidak merawat kebersihan mulutnya. Yang namanya mencegah, tentu lebih baik daripada mengobati. Dalam hal ini, Anda perlu tegas dalam mengingatkan si kecil untuk rajin sikat gigi, namun hindari mengancam atau menakut-nakutinya.

 

Gunakan Buku Cerita

Tentu banyak buku yang menceritakan tentang kebiasaan baik yang perlu ditanamkan pada anak sehari-hari. Pilih buku yang juga mengajarkan anak untuk merawat giginya. Dengan gambar dan penjelasan yang ada di dalam buku, si kecil pasti akan jauh lebih mudah mengerti, tanpa ada kesan dipaksakan oleh kedua orangtuanya. Yakinkan ia, bahwa di sekolah pun, gurunya pasti menghendaki hal yang sama, yaitu harus rajin membersihkan gigi.

Manfaatkan Teknologi

Beruntunglah anak-anak yang hidup di jaman serba canggih seperti sekarang ini. Banyak alat bantu yang bisa orangtua gunakan untuk mengajarkan anak, seperti cara mengenalkan tentang apa saja yang ada di dalam mulut manusia sampai keadaan yang bisa terjadi bila tidak rajin membersihkan gigi dan mulut. Dengan video, misalnya. Anda bisa mencarinya di berbagai situs tentang ilmu pengetahuan, namun pastikan situs yang Anda gunakan itu merupakan situs resmi, yang sumbernya pun jelas.

 

 Jadilah Contoh

Bila Anda ingin si kecil Anda rajin merawat giginya, maka berlakulah demikian. Jadilah contoh bagi anak dengan mengajaknya menyikat gigi bersama sebelum tidur. Gunakan Systema Gum & Teeth Protection toothpaste yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi serta  menjaga kesehatan gusi. Jangan lupa, ajak si kecil berkunjung ke dokter gigi minimal sekali dalam enam bulan.

MOST READ
3 Makanan Manis Termahal di Dunia_t

3 Makanan Manis Termahal di Dunia

Manis berarti mahal. Nampaknya istilah ini patut disematkan untuk restoran-restoran di dunia yang menjual makanan manis kelas premium.

Sambut Kehadiran Si Kecil dengan 5 Hal Seru Ini!_thumb

Menyambut Kehadiran Anak dengan Hal Seru Ini!

Ketika istri sedang hamil, ada beberapa hal seru yang bisa Anda lakukan bersama istri untuk menyambut kedatangan si kecil.

Apakah Kesehatan Gigi Dipengaruhi oleh Faktor Keturunan?

Apakah Kesehatan Gigi Dipengaruhi oleh Faktor Keturunan?

Apakah bila orangtua memiliki riwayat gigi berlubang, gigi sensitif, dll, maka anak akan mengalaminya juga?

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :