SYSTEMA-article-banner-18-3

Air Garam untuk Kesehatan Mulut, Efektifkah?

Mungkin saat masih kecil ketika mengalami sakit gigi, Anda sering mendapatkan nasihat berupa: “Kumur air garam, supaya sakitnya hilang!” Apakah hal ini benar adanya? Apakah air garam benar-benar punya manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut? Simak penjelasannya berikut ini.

Menghambat pertumbuhan bakteri

Seperti yang kita ketahui selama ini, bakteri membutuhkan lingkungan yang lembap untuk berkembang. Sedangkan, air garam memiliki manfaat meningkatkan tingkat pH mulut, dengan demikian dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Hal ini didukung oleh studi 2010 oleh Journal of Indian Society of Pedodontics and Preventive Dentistri. Penelitian tersebut menunjukkan larutan garam jenuh atau larutan yang mengandung sembilan sendok teh garam per ⅔ cangkir air dapat membunuh bakteri di mulut dengan cara mengeringkannya.

Mengurangi peradangan sehabis cabut gigi

Menurut dr. David Kerr dari Todaysdentistry.com, berkumur dengan air garam merupakan pengobatan jangka pendek yang sangat baik ketika habis melakukan operasi pada gigi. Garam tidak hanya merupakan disinfektan alami, tetapi juga bisa membantu menghilangkan pembengkakan pada jaringan. Ia menyarankan untuk berkumur air garam selama dua atau tingga minggu pasca-operasi, atau bahkan ketika sedang mengalami infeksi maupun sariawan.

Mengatasi masalah bau mulut

Bau mulut seringkali disebabkan oleh adanya infeksi di dalam mulut maupun adanya gigi berlubang yang kian membusuk. Air garam di sini dapat membantu melawan infeksi tersebut serta membunuh bakteri yang ada di dalam gigi yang berlubang. Namun, air garam tidak bisa dijadikan satu-satunya solusi ketika Anda mengalami infeksi di dalam mulut, penanganan yang tepat oleh dokter gigi tetap perlu dilakukan untuk mengatasi masalah bau mulut yang Anda alami.

Mengatasi lidah terbakar

Akibat makanan yang terlalu panas, lidah seringkali terasa kebas sehingga tidak bisa menjalani fungsinya sebagai perasa. Garam memiliki fungsi mengurangi peradangan dan nyeri, oleh karena itu berkumur dengan air garam bisa menjadi pertolongan pertama ketika mengalami lidah terbakar. Caranya, berkumurkan selama 30 detik menggunakan campuran air hangat dan garam, lakukan sampai lidah kembali normal.

Waspada! Jangan terlalu sering berkumur air garam

Meskipun bermanfaat dalam mengurangi pertumbuhan bakteri, sebaiknya batasi penggunaan air garam untuk berkumur, karena keasaman air garam dapat mengurangi lapisan enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, hindari menelan air garam sehabis berkumur karena air garam tersebut dapat membuat Anda mengalami dehidrasi.

MOST READ
10 serba-serbi gigi sensitif_rev1_thumb28

Seputar Kerusakan Enamel Gigi

Penyebab kerusakan (erosi) pada enamel gigi

NewsExpert_MenjagaKesehatan-t

Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Gangguan pada gigi dan mulut bisa menjadi pemicu penyakit lain. Dari sekian banyak penyakit yang bisa tercetus akibat rusaknya gigi adalah stroke akibat penyumbatan pembuluh darah.

9-thumb

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Untuk Mencegah Bau Mulut Jelang Interview Pekerjaan

Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang fit, mengisi perut dengan makanan sebelum interview kerja memang dianjurkan. Namun, jangan sampai salah pilih makanan ya! Bisa-bisa Anda jadi bau mulut.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :