4

7 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Makanan untuk kesehatan gigi dan mulut pada dasarnya tidak jauh berbeda dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.  Namun demikian, umumnya makanan-makanan ini memiliki efek positif untuk kebersihan dan kesegaran rongga mulut Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Systema sudah merangkumkan tujuh makanan terbaik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Simak baik-baik, ya!

Buah-buahan

Tentu saja, buah-buahan menduduki peringkat teratas sebagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Terutama untuk buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, kiwi, dan stroberi. Selain menyehatkan gigi dan mulut, buah-buahan ini juga mampu membunuh bakteri jahat penyebab bau mulut tanpa menyingkirkan bakteri baik. Tak heran jika gigi terasa lebih kesat setelah mengonsumsi buah-buahan tadi.

Bayam dan wortel

Selain buah-buahan, bayam dan wortel juga jadi makanan untuk kesehatan gigi dan mulut yang wajib Anda konsumsi secara rutin. Kedua jenis sayur ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Nah, vitamin A ini berfungsi dalam proses pembentukan enamel gigi (lapisan terluar yang melindungi saraf-saraf gigi).

Kale

Daun kale ternyata dapat membantu Anda dalam merawat gigi. Kandungan kalsium yang tinggi bermanfaat untuk pembentukan enamel gigi. Menariknya, asam folat yang terdapat di dalam daun kale juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit gusi. Selain itu, mengunyah sayur kale secara rutin pun diyakini dapat membentuk air liur sebagai alat pembersih rongga mulut secara alami.

Seledri

Sayuran hijau dengan aroma khas yang satu ini ternyata juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Seledri secara efektif dapat membunuh kuman penyebab bau mulut dan gigi berlubang. Sama halnya dengan daun sirih yang dikunyah, Anda juga bisa secara rutin mengunyah 2-3 batang seledri untuk menggosok bakteri yang tidak sehat dari gigi.

Kacang almond

Makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut selanjutnya adalah kacang almond. Tergolong dalam jenis kacang-kacangan yang rendah lemak dan kaya protein serta kalsium, kacang almond dapat menjadikan gigi kamu lebih sehat dan kuat.

Yogurt

Terbuat dari susu yang difermentasikan, yogurt kaya akan kalsium dan protein yang dapat membantu memperkuat enamel gigi. Selain itu, yogurt juga dilengkapi dengan kandungan probiotik dan bakteri baik untuk membantu mencegah gigi berlubang. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan segar ke dalam yogurt sebagai penambah cita rasa.

Biji wijen

Meski berukuran sangat kecil, biji wijen menyimpan manfaat besar untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Siapa sangka jika biji wijen memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga dapat menciptakan gigi yang sehat dan kuat? Mengunyah biji wijen juga bisa membersihkan rongga mulut dengan baik.

 

Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut tadi akan bekerja secara maksimal jika diimbangi dengan menggosok gigi secara rutin. Dengan pasta gigi Systema Nano, gigi Anda akan terlindungi dari risiko gigi berlubang berkat kalsium nano yang terdapat di dalamnya. Semoga bermanfaat!

MOST READ
Ajak Anak Merawat Kesehatan Gigi Sejak Dini-t

Ajak Anak Merawat Kesehatan Gigi Sejak Dini

Kesehatan gigi Anak seringkali diabaikan orangtua karena menganggap kerusakan gigi si kecil adalah hal yang wajar

Bahaya di Balik Obsesi Memutihkan Gigi_t

Bahaya di Balik Obsesi Memutihkan Gigi

Mungkin Anda termasuk orang yang memperhatikan detail penampilan. Tampilan terbaik memang akan meningkatkan kepercayaan diri.

Fungsi Fluoxride Yang Ada Pada Pasta Gigi Untuk Kesehatan Gigi-t

Fungsi Fluoride Yang Ada Pada Pasta Gigi Untuk Kesehatan Gigi

Fluoride disinyalir oleh kebanyakan ahli berfungsi untuk membuat gigi menjadi lebih kuat dan dilararang keras untuk dikonsumsinya.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :