Yuk, kenali 7 gangguan pada dan gusi

7 Gangguan pada Gigi dan Gusi yang Paling Sering Terjadi

Gangguan pada gigi dan gusi merupakan salah satu hal yang paling buruk yang dapat terjadi. Kalau kata lagu, lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, karena memang yang dirasakan ketika sakit gigi bisa mengganggu kehidupan seseorang, tidak terkecuali menimbulkan keluhan lain seperti demam, bahkan tekanan darah yang meningkat. Rasa sakit dan ngilu pada gigi dan gusi dapat disebabkan oleh beberapa masalah yang terjadi. Mari kita bahas satu per satu.

 

1. Karies gigi

Karies merupakan infeksi yang merusak struktur gigi, disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi, yang sudah menjadi bakteri, lalu berubah bentuk menjadi asam. Akibatnya, gigi jadi berlubang. Kalau sudah berlubang, maka jangan heran bila rasa sakit yang timbul bisa membuat Anda merana. Salah satu penyebab karies gigi adalah tidak menyikat gigi di malam hari sehingga kotoran sisa makanan pun berdiam di dalam mulut semalaman.

 

2. Sariawan

Istilah medisnya adalah stomatitis. Sariawan merupakan luka yang terjadi di dalam mulut dan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, biasanya berbentuk oval maupun lingkaran disertai dengan bintik merah di sekitarnya. Sariawan seringkali terjadi akibat cedera yang terjadi di area mulut, serta ketika daya tahan tubuh sedang menurun.

 

3. Abses Gigi

Terjadi ketika ada kantung atau benjolan berisi nanah pada gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Abses gigi biasanya muncul di bagian ujung akar gigi. Penyebab paling utama dari abses gigi adalah keadaan mulut yang tidak bersih atau tidak rajin menyikat gigi.

 

4. Gigi Sensitif

Istilah medisnya yaitu hipersensitifitas dentin. Penyebabnya beragam, bisa karena gusi yang semakin lama menurun, email gigi yang terkikis dan kebiasaan mengonsumsi makanan yang bersifat asam serta infeksi gusi terus menerus. Penyebabnya sama seperti gangguan lain, yaitu kelalaian dalam hal membersihkan gigi.

 

5. Gingivitis atau radang gusi

Masalah yang satu ini terjadi pada gusi akibat penumpukan plak yang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Saking lamanya menempel, maka semakin sulit dibersihkan dan berubah menjadi karang gigi, kemudian mengiritasi lapisan gusi dan menyebabkan radang gusi.

 

6. Periodontitis

Gingivitis yang dibiarkan dan semakin parah dapat menyebabkan penyakit lanjutan yang biasa disebut periodontitis. Selain infeksi pada gusi, penyakit ini juga dapat mengganggu bahkan sampai ke tulang rahang dan jaringan penghubung antara gigi dan gusi, dan bisa menyebabkan gigi merenggang hingga tanggal.

 

7. Bau mulut

Bau mulut memang penanda seseorang mengalami penyakit pada organ tubuhnya. Namun, yang seringkali terjadi adalah bau mulut yang disebabkan oleh kotoran yang menempel di gigi yang membuat napas seseorang menjadi tidak sedap.

 

Hampir semua gangguan yang terjadi pada gigi dan gusi berhubungan dengan kebiasaan seseorang dalam menjaga kebersihan area mulutnya. Oleh karena itu, pastikan Anda rajin menyikat gigi pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Pastikan sela-sela gigi juga dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menempel sehingga mengakibatkan gangguan-gangguan ini.

MOST READ
Cara tepat seputar menyikat gigi anak_thumb

Sudahkah Anak Menyikat Giginya dengan Tepat?

Bila cara menyikat giginya tidak tepat, maka anak bisa mengalami masalah pada mulutnya

SYSTEMA-article-banner-18-2_thumb

4 Hal Penting Sebelum Memilih Sikat Gigi

Apa saja yang perlu diperhatikan saat hendak memilih sikat gigi.

Yuk Kenal Lebih Dalam Metode Veneer Gigi!_thumb

Mengenal Lebih Dalam Metode Veneer Gigi

Veneer gigi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memutihkan gigi, apa saja yang perlu diketahui sebelum mencoba metode ini.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :