8

5 Tips Cegah Mabuk Darat Saat Bepergian Tanpa Obat-obatan

Mencegah mabuk darat saat bepergian penting untuk diperhatikan, terlebih bagi Anda yang mudah merasa pusing dan mual dalam perjalanan. Mabuk darat yang paling parah biasanya disertai dengan muntah-muntah. Hal ini jelas membuat orang-orang di dekat Anda menjadi kurang nyaman. Untuk mencegah mabuk darat, beberapa orang akan mengonsumsi obat pencegah mabuk, padahal efek samping yang ditimbulkan justru membuat Anda mengantuk.

Tenang saja, mulai sekarang Anda bisa mencegah mabuk darat tanpa obat-obatan lho! Yuk, simak tips-tipsnya di sini.

Pastikan perut tidak kosong atau terisi penuh

Sebelum bepergian, Anda disarankan untuk terlebih dulu makan secukupnya agar perut tidak mual akibat guncangan selama berada di dalam kendaraan. Namun, Anda juga tidak boleh makan terlalu banyak hingga perut kekenyangan. Kontrol porsi makan dengan sebaik mungkin untuk menjaga lambung bekerja secara normal. Jika Anda makan terlalu banyak, maka lambung akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan sehingga akan menimbulkan rasa mual.

Hindari makanan berminyak dan pedas

Beberapa orang memilih untuk membawa camilan selama perjalanan. Terlebih jika perjalanan darat yang dilakukan membutuhkan waktu lebih dari dua jam, tentu Anda tidak ingin kelaparan di tengah jalan. Nah, saat menentukan menu bekal perjalanan, sebaiknya hindari makanan berminyak dan pedas untuk mencegah mabuk darat. Dua jenis makanan ini dapat meningkatkan kadar asam lambung sehingga memicu rasa mual hingga muntah.

Oleskan minyak angin

Demi mencegah mabuk darat saat bepergian tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan, Anda dapat mengoleskan minyak angin di sekitar area perut dan leher. Menghirup aroma minyak angin juga efektif mencegah mual selama perjalanan. Oleh karena itu, Anda wajib membawa minyak angin saat bepergian jauh sebagai antisipasi kalau-kalau Anda mendadak mual atau kedinginan karena suhu dingin AC.

Jangan membaca atau main ponsel!

Untuk membunuh rasa bosan, biasanya Anda menghabiskan waktu perjalanan dengan membaca buku atau sekadar main ponsel. Faktanya, kedua hal ini justru dengan mudah membuat Anda mabuk darat. Terlalu lama menatap tulisan dan layar ponsel bisa membuat Anda merasa pusing. Jika dibiarkan, maka akan menimbulkan efek mual. Sebaiknya, carilah teman mengobrol atau membuka jendela untuk mengamati pemandangan selama perjalanan.

 

Itulah tadi lima tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mabuk darat saat bepergian tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Cara ini jauh lebih aman ketimbang efek samping penggunaan obat, terlebih untuk ibu hamil dan anak-anak. Mulai sekarang, Anda tak lagi perlu cemas melakukan perjalanan darat dengan jarak jauh. Perjalanan nyaman, liburan pun jadi lebih menyenangkan, bukan? Semoga bermanfaat!

 

MOST READ
(5)

Ingat 4 Hal Ini Sebelum Traveling ke Luar Negeri!

Pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum traveling ke luar negeri.

5 hal penting sebelum menikah_thumb

5 Hal Penting Yang Perlu Diketahui Sebelum Memutuskan Persiapan Pernikahan

Sebelum membuat persiapan pernikahan, siapkan diri dengan 5 hal penting ini

Karies Gigi Penyakit yang Diabaikan-thumb

Karies Gigi, Penyakit yang Diabaikan

70 persen penduduk Indonesia mengalami karies gigi sehingga menyebabkan penyakit gigi dan mulut menjadi penyakit yang paling sering dikeluhkan penduduk Indonesia.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :