(2)

5 Hal Kecil Agar Pernikahan Tetap Langgeng

Siapa yang tidak ingin pernikahannya langgeng sampai ajal menjemput? Semua orang tentu menginginkannya. Tentunya ada banyak hal yang harus Anda lakukan agar pernikahan tetap langgeng selain menjaga komitmen. Di antaranya dengan melakukan hal-hal kecil sederhana namun mampu memberikan kesan mendalam pada pasangan. Apa saja? Berikut di antaranya.

Berikan kejutan pada pasangan

Kejutan yang bisa Anda berikan tidak harus berupa benda atau sesuatu yang mahal. Anda bisa melakukannya dari hal sederhana sekali pun. Semakin bertambahnya usia perkawinan, banyak rutinitas yang dijalankan dan itu terkadang membuat bosan.

Untuk mengusir kebosanan dan mencairkan suasana, Anda bisa memberi kejutan pada pasangan, semisal dengan meninggalkan pesan bertuliskan ‘I love you’. Memberinya kecupan di pagi hari sebelum berangkat kerja juga dapat menambah semangat pasangan. Ada kalanya Anda memasak sesuatu yang istimewa di akhir pekan dan memakannya bersama-sama sembari bercengkerama.

Lakukan hal seru seperti saat pacaran

Banyak pasangan yang justru terlihat romantis setelah menikah. Salah satu kuncinya adalah menjaga romantisme tersebut dalam kehidupan sehar-hari seperti masa pacaran dulu. Anda pun bisa melakukannya bersama pasangan di akhir pekan. Menonton bioskop atau mengunjungi tempat-tempat favorit saat masih pacaran dulu adalah ide bagus. Di samping meningkatkan rasa sayang, Anda juga bisa bernostalgia masa lalu. Misalnya bercerita tentang ketika Anda berdua berkenalan, tempat di mana dia ‘menembak’ Anda, dan masih banyak lagi hal-hal seru lainnya untuk diingat.

Saling terbuka dan pengertian

Hal paling penting bagi pasangan yang sudah menikah dan berumah tangga adalah bersikap saling terbuka dan pengertian. Seperti dilansir dari laman Metro.co.uk, hubungan yang saling menyimpan rahasia akan menimbulkan rasa curiga. Meningkatnya rasa curiga bisa membuat rumah tangga Anda menjadi “dingin”. Bahkan dalam kondisi yang terburuk dapat menghancurkan sebuah rumah tangga. Itulah mengapa terbuka menjadi penting dalam rumah tangga.

Segera utarakan bila Anda memiliki masalah terhadap pasangan. Melalui komunikasi yang hangat dan saling pengertian, maka akan terjalin pula keharmonisan rumah tangga. Pasangan juga akan menghargai dan menghormati dalam memperlakukan satu sama lain di depan umum maupun di dalam keluarga itu sendiri.

Saling mendukung dalam segala hal

Berikutnya adalah dengan memberikan dukungan kepada pasangan dalam segala hal. Bila dalam sebuah pernikahan sudah muncul keterbukaan dan kejujuran, selanjutnya adalah saling mendukung. Misalnya saja, pasangan Anda pulang larut malam atau pergi ke luar kota dalam waktu yang cukup lama, Anda tidak akan merasa curiga dan mempercayai dia melakukan hal tersebut untuk urusan pekerjaannya. Atau Anda bisa membagi tugas, sesekali biarkan suami Anda mengantarkan Si Kecil sekolah, bermain di rumah, dan sebagainya. Bila suami memiliki kegemaran baru dan menguntungkan, mengapa tidak Anda dukung, bukan?

Tidak ada salahnya berkompromi

Kehidupan rumah tangga tidak selalu berjalan mulus. Hampir setiap hari selalu ada saja permasalahan yang dihadapi. Di sini Anda sekali lagi dituntut untuk bersikap bijak dalam menyelesaikan sebuah masalah bersama. Jika pasangan Anda terpancing emosi, sebaiknya Anda jangan terlalu kaku atau ikut tersulut emosi. Kadang kala Anda perlu berkompromi dengan kebiasaan dan sikap pasangan tersebut. Semisalnya, menemani suami menonton bola di akhir pekan atau menemani istri saat belanja juga dapat membantu mempererat hubungan.

 

Langgengnya suatu pernikahan sangat dipengaruhi oleh komitmen pasangan. Salah satu cara agar komitmen terus terjaga adalah dengan melakukan hal-hal kecil namun berkesan. Contohnya seperti beberapa tips di atas. Selamat mencoba!

MOST READ
SYSTEMA-article-banner-batch-17-7_thumb

Staycation di Kota Jakarta: Kenapa Enggak?

Pilihan hotel yang keren untuk Staycation saat akhir pekan meski hanya di kota Jakarta.

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Apa saja yang harus diperhatikan saat hendak mengirimkan CV ke kantor baru supaya meninggalkan kesan yang baik bagi calon user.

Yuk Kenal Lebih Dalam Metode Veneer Gigi!_thumb

Mengenal Lebih Dalam Metode Veneer Gigi

Veneer gigi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memutihkan gigi, apa saja yang perlu diketahui sebelum mencoba metode ini.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :