5 Cara Menghindari Gigi Berlubang

5 Cara Menghindari Gigi Berlubang

Gigi berlubang sudah menjadi masalah paling umum dan yang paling sering dialami seseorang. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari yang sangat memengaruhi kesehatan gigi, terutama menjaga keutuhan gigi. Yuk, kembali ingatkan diri Anda untuk melakukan perawatan gigi demi mencegah gigi berlubang, yang sebetulnya sangat sederhana ini, namun sebagian mungkin sudah hilang dari kebiasaan Anda belakangan ini.

 

Berkumur ketika membersihkan gigi

Ketika menyikat gigi, gunakan air untuk berkumur, pastika semua kotoran sudah terangkat lalu keluarkan dari mulut. Jangan hanya memasukkan air lalu mengeluarkannya tanpa dibantu dengan gerakan dari otot-otot pipi dan rahang. Demikian pula ketika habis makan, terutama makanan yang mudah menyangkut di sela-sela gigi, seperti daging, sayuran, kacang-kacangan, bahkan buah-buahan. Gunakan air mineral untuk berkumur, namun jangan lalu ditelan. Buang air bekas kumuran, baru setelah itu Anda minum air lebih banyak lagi.

 

Sikat gigi setelah makan

Namun, bukan berarti Anda menyikat gigi setiap habis makan. Sikat gigi tidak perlu terlalu sering dilakukan, cukup dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Yang paling sering terjadi adalah malah atau lupa menyikat gigi ketika tubuh sudah merasa terlalu lelah dan mengantuk di malam hari, akhirnya kebablasan sampai pagi hari. Justru selama Anda tidur merupakan waktu terbaik untuk bakteri dari sisa-sisa makanan yang Anda konsumsi seharian bekerja merusak gigi dan menyebabkan gigi Anda berlubang.

 

Hindari pemicunya, terutama makanan

Makanan yang manis tidak hanya membuat Anda lebih mudah merasa kenyang, namun bisa mengancam kesehatan gigi Anda, karena makanan tersebut berperan dalam memberi makanan pada plak yang merupakan perusak gigi. Meski awalnya tidak terasa dan tidak terlihat secara langsung, namun bila dibiarkan terus menerus, kebiasaan tersebut akan mengancam gigi mulai dari lapisan paling luar sampai pada lapisan bagian dalam, yang dapat mengakibatkan gigi berlubang.

 

Lakukan kunjungan rutin ke dokter gigi

Yang satu ini juga merupakan kebiasaan yang seringkali dianggap enteng, bahkan dianggap tidak penting untuk dilakukan secara rutin. Padahal, berbagai masalah gigi baru akan Anda ketahui bila melakukan pemeriksaan dengan bantuan dari dokter gigi. Jadi, pilih mana? Cuek tapi di kemudian hari tiba-tiba terasa ngilu di gigi, atau menghindarinya selagi ada kesempatan?

 

Pilih pasta gigi yang tepat

Pilih pasta gigi yang dapat membantu Anda mencegah gigi berlubang. Gunakan Systema Nano Toothbrush mengandung kalsium nano yang mampu mencegah serta perbaiki karies dini (gejala awal gigi berlubang) hanya dalam 14 hari.

MOST READ
8-thumb

5 Tips Cegah Mabuk Darat Saat Bepergian Tanpa Obat-obatan

Mencegah mabuk darat tidak harus selalu dengan obat-obatan kok. Simak 5 tips pencegahan mabuk darat ini!

Cari tahu pentingnya Pre-Marital Check Up, yuk_thumb

Pre-Marital Check Up, Pentingkah?

Apa manfaat dari melakukan pre-marital check up, atau cek up kesehatan sebelum menikah? Jangan lupa cek juga kesehatan gigi dan mulut.

penghasilan-tambahan__thumb

Mau Penghasilan tambahan? Coba Cara Ini

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Tantang diri Anda!

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :