4 Vitamin Ini Penting Untuk Kesehatan Gigi

4 Vitamin Penting untuk Kesehatan Gigi

Menyikat gigi saja tidak cukup. Hal ini memang ada benarnya, karena meski sudah rajin menyikat gigi, namun masih mengonsumsi makanan yang belum sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka gigi dan mulut masih akan rentan mengalami masalah. Salah satu yang sering tidak diperhatikan seseorang dalam mengonsumsi makanan sehari-hari adalah kebutuhan akan vitamin. Dr Steven Lin, dokter asal Australia mengatakan bahwa banyak orang tidak mencukupi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh gigi. Padahal, ada empat vitamin yang sangat berperan penting dalam kesehatan gigi dan mulut, yaitu:

Vitamin A

Berperan penting dalam pembentukan jaringan ikat yang sehat dari tulang lunak yang ada di dalam gusi. Beberapa makanan yang merupakan sumber utama vitamin A adalah sayuran hijau, wortel, mangga, ubi jalar dan minyak ikan. Apabila tubuh kekurangan vitamin A, maka produksi air liur pun akan berkurang dan hal ini berbahaya karena dapat menyebabkan munculnya lubang di permukaan email gigi.

Vitamin D

Membantu penyerapan kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin D juga diperlukan bagi sistem kekebalan gigi yang disebut ordontoblasts, yaitu sel-sel gigi yang menghasilkan dentin yang sangat penting untuk regenerasi gigi. Apabila mengalami kekurangan vitamin D, maka selain kekebalan gigi akan terganggu, Anda juga akan rentan mengalami gingivitis atau radang gusi karena kekuatan gusi diperoleh dengan vitamin D yang cukup. Telur, susu, dan ikan merupakan sumber vitamin D yang perlu Anda konsumsi.

Vitamin K2

Merupakan vitamin yang mengaktifkan suplemen kalsium bagi gigi. Kekurangan vitamin K dapat membuat gigi kekurangan kalsium. Antioksidan pada vitamin K dapat mengendalikan tingkat bakteri dan mengatur mikrobium di dalam mulut. Vitamin K juga sangat penting untuk pembekuan darah, sehingga Anda jauh dari risiko gusi berdarah. Dapatkan vitamin K dengan mengonsumsi sayuran hijau dan kedelai.

Vitamin C

Bila Anda sering mengalami masalah pada gusi, seperti gusi meradang, berdarah atau terasa nyeri, itu merupakan tanda bahwa tubuh kekurangan vitamin C. Peran vitamin C sangat penting dalam produksi kolagen yang membentuk jaringan gusi. Vitamin C juga merupakan antioksidan, yang berperan sebagai pertahanan dari bakteri. Dapatkan dengan mengonsumsi jeruk, kiwi, buah berries dan paprika merah.

 

Jangan lupa, bersihkan gigi dengan menggunakan pasta gigi Systema Gum & Teeth Protection. Dengan formulasi khusus dari LION Jepang, Systema Gum & Teeth Protection 2X lebih baik digunakan untuk merawat gusi, karena memiliki kandungan IPMP, yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi, serta GK2 dan OHBAKU, yang menjaga kesehatan gusi.

 

MOST READ
7-tempat-wisata-seru-di-Hakone-Jepang

Serunya Wisata di Hakone, Jepang

Banyak hal seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi salah satu wisata kota yang unik di Jepang ini

Korean Fashion Inspiration-thumbnail

Yuk, Intip Dunia Fashion Korea Selatan

Yuk, Intip dunia fashion Korea Selatan - Korea Selatan merupakan salah satu negara yang sangat menarik untuk Anda jadikan sebagai tempat tujuan traveling

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Kunci Sukses Melamar Kerja di Kantor Baru

Apa saja yang harus diperhatikan saat hendak mengirimkan CV ke kantor baru supaya meninggalkan kesan yang baik bagi calon user.

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :