4 Hal Ini Bisa Bikin Gusi Bengkak

4 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Gusi Bengkak

Gusi bengkak memang sangat mengganggu. Kondisi ini sangat umum dialami banyak orang. Menurut seorang dokter umum, dr. Winda Selvina Barus, gusi bengkak merupakan gejala dari gingivitis atau radang gusi. Biasanya, gusi yang membengkak disertai rasa nyeri, bau mulut yang tidak sedap dan gusi yang mudah berdarah. Gusi bengkak dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

Menumpuknya plak gigi

Plak seringkali terjadi akibat tidak membersihkan gigi secara rutin dan tepat. Plak tersebut mengandung banyak bakteri yang dapat mengganggu kesehatan gusi dan menyebabkan radang gusi. Bila sudah terlalu lama dibiarkan, akan semakin sulit untuk membersihkan plak, oleh karena itu Anda butuh bantuan dokter gigi dengan cara melakukan scaling.

Penggunaan kawat gigi

Kawat gigi yang digunakan seringkali membuat seseorang rentan mengalami trauma, bisa jadi karena belum terbiasa dengan adanya benda asing yang berdiam di dalam mulut dalam waktu yang lama. Akibatnya, trauma tersebut sering melukai gusi dan membuat gusi menjadi bengkak.

Kehamilan

Wajar memang, bila selama hamil, menyikat gigi seringkali membuat gusi berdarah, padahal Anda tidak menyikat gigi dengan tenaga kuat. Tidak perlu khawatir, karena penyebab gusi berdarah bukan karena bakteri maupun plak, melainkan perubahan kadar hormon. Hal tersebut biasanya bersifat sementara, akan hilang ketika usia kehamilan memasuki 30 minggu atau ketika bayi lahir.

Pemakaian obat-obat tertentu

Obat-obatan seperti obat anti-epilepsi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal dan obat penghambat saluran kalsium yang dikonsumsi juga bisa membuat gusi lebih mudah berdarah dan bengkak. Bila sudah terasa sangat mengganggu, Anda bisa berkonsultasi pada dokter mengenai penggunaan obat tersebut, apakah mungkin untuk mengganti obat dengan dosis yang lebih rendah dan minim risiko membuat gusi Anda bengkak.

Gusi bengkak tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena dapat menjadi lebih buruk dan berkembang menjadi periodontitis yaitu radang pada jaringan lunak dan tulang penyokong gigi. Periodontitis dapat meluas ke tulang rahang dan pipi dan membentuk benjolan atau abses. Bila dibiarkan, dapat menyebabkan infeksi yang bisa menyebar ke organ lain, termasuk jantung, paru-paru dan otak.

Agar tidak harus mengalami hal tersebut, lindungi gusi Anda dengan pasta gigi Systema Gum & Teeth Protection. Dengan formulasi khusus dari LION Jepang, Systema Gum & Teeth Protection 2X lebih baik digunakan untuk merawat gusi, karena memiliki kandungan IPMP, yang berfungsi membunuh bakteri pada celah gigi dan gusi, serta GK2 dan OHBAKU, yang menjaga kesehatan gusi.

 

MOST READ
bahaya-karies-pada-gigi

Karies Sering Menjadi Masalah Utama pada Gigi

Karies merupakan salah satu masalah gigi yang paling sering dialami, tidak diketahui / dirasakan tapi ternyata bahaya karies mengancam

2. 5 Tips Agar Tak Salah Pilih Penginapan_thumb

5 Tips Memilih Tempat Menginap Saat Traveling

5 hal yang perlu jadi perhatian saat hendak mencari tempat penginapan

Amankah mencabut gigi saat hamil(thumb)

Cabut Gigi Saat Hamil, Amankah?

Hal yang perlu diketahui ketika mencabut gigi saat hamil

Email:

Password :

Retype Password :

Email:

Password :